Biar Aman, Anak Wajib Melakukan Pemanasan sebelum Olahraga

0
304
pemanasan-sebelum-olahraga
SPIRIT: Peserta roadshow KFC Elementary School Games terlihat bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan yang membuat mereka aktif bergerak. Foto: DOK. DBL

Melakukan pemanasan sebelum olahraga memang sangat penting. Bukan hanya orang dewasa, tapi anak-anak pun perlu meregangkan otot-otot tubuhnya sebelum melakukan aktivitas fisik.

Pemanasan penting untuk meningkatkan suhu tubuh agar lebih rileks ketika berolahraga. Semakin berat olahraga yang dilakukan, pemanasan pun semakin dibutuhkan.

Tidak hanya sebelum melakukan olahraga berat, pemanasan juga perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga ringin. Ini untuk membantu tubuh mempersiapkan diri untuk meningkatkan performa.

Pemanasan yang tepat akan membantu memperlancar aliran darah ke otot untuk mengurangi ketegangan otot atau kram, mengurangi risiko cedera. Nggak mau kan Moms, si kecil kehilangan momen bersama teman-temannya, karena cedera saat berolahraga?

Nah, saat si kecil meregangkan otot ketika pemanasan, dia berarti mengurangi risiko robeknya otot dan jaringan ketika berolahraga. Ini bisa terjadi karena mendorong tubuh yang masih dingin untuk menjadi panas dengan terlalu cepat.

Baca juga: KFC dan DBL Menggelar Olimpiade Seni dan Olahraga

Kalau anak-anak langsung berolahraga tanpa pemanasan, area tubuh yang masih tegang adalah yang paling rentan terhadap cedera. Selain itu, tubuh bisa mendapatkan aliran oksigen untuk meredakan cedera dalam sendi.

Anak kecil memang sangat aktif, apalagi di area yang banyak permainannya, seperti di KFC Elementary School Games. Si kecil bisa melakukan aktivitas lebih lama jika melakukan peregangan otot terlebih dahulu. Sebab, anak-anak cenderung tidak akan mengalami kelelahan di otot.

Pemanasan membangunkan area yang membutuhkan lebih banyak waktu dan dorongan untuk bangun, sehingga mereka dapat secara efisien bermain dengan waktu yang lebih lama.

Baca juga: KFC Elementary School Games Beri Wadah untuk Anak-Anak Pecinta Seni

Saat melakukan pemanasan, anak-anak akan memiliki oksigen segar, mengurangi risiko cedera, sekaligus mengurangi kelelahan. Dengan begitu, akan membantu mereka bergerak lebih aktif dengan teman-teman sebayanya.

Mengajak anak untuk aktif bergerak juga bisa membentuk karakter mereka, Moms. Jangan lupa Moms, ajak anak-anak bermain di KFC ESG pada 12-15 Maret mendatang di Grand City Convex, Surabaya. Banyak kegiatan seru dan berbagai kompetisi yang bisa diikuti, loh! (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here