Apakah Pore Vacuum Efektif Usir Komedo? Ini Kata Dokter Spesialis Kulit

0
apakah-alat-penyedot-komedo-vakum-efektif
Foto: YouTube

Komedo jadi salah satu masalah kulit yang sulit diatasi. Jika tak segera ditangani, komedo akan terus berkembang dan menimbulkan masalah kulit yang lebih serius seperti jerawat.

Begitu banyak produk yang beredar di pasaran untuk mengatasi komedo. Mulai dari yang paling simpel seperti sabun wajah, masker, pore strip, hingga vakum alias penyedot komedo.

Vakum komedo ini tengah jadi tren. Banyak sekali beauty influencer yang menggunakan alat yang satu ini. Lalu apakah vakum komedo ini efektif untuk menghilangkan masalah kulit yang satu ini?

Seorang dokter spesialis kulit asal New York, Dr. Anetta Reszko memberikan jawabannya. Ia mengatakan bahwa alat penyedot komedo bisa bekerja secara efektif untuk membersihkan pori-pori. 

“Vakum komedo bisa jadi alat yang efektif untuk membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Tapi itu bukan komponen esensial untuk membersihkan kulit,” ujar Reszko kepada Harper’s Bazaar.

Baca juga: Benarkah Alkohol pada Produk Kecantikan Berdampak Buruk bagi Kulit?

Menurutnya, alat penyedot komedo hanyalah solusi sementara untuk kulit. Karena bagimanapun pori-pori akan mengalami penyumbatan lagi secara alami.

Tak hanya itu, Reszko mengatakan kalau alat ini harus digunakan dengan hati-hati dan sesekali saja. Karena kalau dipakai secara berlebihan, malah akan membuat kulit terluka.

“Alat ini harusnya digunakan sesekali saja dan harus didampingi dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat,” tambahnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here