Simak 5 Tips Agar Lipstik Cantikmu Tetap Awet di Bibir

0
1002
lipstik-luntur
Foto: Pinterest

Lipstik sudah menjadi salah satu makeup yang penting, untuk menunjang penampilan wanita. Namun tak jarang, lipstik tidak bisa bertahan lama di bibir. Terdapat beberapa faktor, salah satunya karena bahan lipstik yang memang tidak awet.

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips agar lipstik yang sudah dikenakan, tak mudah luntur dari bibir. Simak yuk!

1. Lakukan eksfoliasi

scrubbing-bibir
Foto: Pinterest

Salah satu penyebab lipstik tidak menempel sempurna pada bibir, adalah sel-sel kulit mati yang menumpuk. Oleh karenanya, eksfoliasi diperlukan setidaknya seminggu sekali.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Tentukan Warna Lipstik Sesuai Bentuk Bibirmu!

Lakukan eksfoliasi atau scrubbing, dengan bahan-bahan alami seperti gula yang diusap pada bibir. Tak hanya itu, bahan seperti madu, baking soda, jeruk nipis ataupun bunga mawar, dapat digunakan sebagai alternatif lain untuk scrubbing.

2. Gunakan pelembab bibir

lip-balm
Foto: Pinterest/thesweetestdigs

Menggunakan lip balm atau pelembab bibir, juga jadi solusi agar lipstik lebih awet. Sesuai namanya, pelembab bibir akan membuat bibir bebas dari pecah-pecah, sehingga lipstik tak gampang hilang.

Kenakan lip balm, terutama ketika memilih lipstik berjenis matte. Diamkan dua sampai tiga menit setelah mengoleskan pelembab bibir. Setelah itu, barulah aplikasikan lipstik yang kamu sukai.

3. Manfaatkan lip liner

lip-liner
Foto: Pinterest/Thegoddess

Lip liner digunakan untuk menyempurnakan garis bibir. Namun, tak hanya itu saja fungsinya. Lip liner juga bisa digunakan sebagai dasar sebelum memakai lipstik. Pastikan warna lip liner senada dengan lipstik yang kamu pakai.

Baca juga: Rahasia Tidak Tampil Pucat Saat Memakai Lipstik Nude

4. Bubuhkan bedak tabur

bubuhkan-bedak
Foto: Pinterest/Marieclaire

Usai memulas lipstik, tempelkan tisu pada bibir. Setelah itu, bubuhkan bedak tabur diatas tisu tersebut. Supaya mempermudah, gunakan kuas untuk meratakan bedak. Oleskan kembali lipstik tipis-tipis, agar terlihat makin sempurna.

5. Pakai sikat bibir

lip-brush
Foto: Pinterest/Paintedladies

Menggunakan sikat bibir atau lip brush untuk memoles lipstik, akan membantu mengurangi minyak yang berlebih pada bibir. Selain itu penggunaan lip brush akan membuat lipstik tampak lebih rapi. (*)