Tanjung Perak Jazz Festival Satukan Ratusan Musisi

0
16
Tanjung Perak Jazz Festival
Foto: Catur/Nyata

Ratusan musisi jazz berkumpul dalam acara bertajuk Tanjung Perak Jazz Festival, yang digelar di The Central Mall Gunawangsa Tidar Surabaya, Minggu (10/3) kemarin. Acara ini sekaligus sebagai wujud peringatan Hari Musik Nasional, yang jatuh pada 9 Maret.

Setidaknya, ada enam komunitas jazz se-Surabaya, dan beberapa lainnya berasal dari luar kota. Pada kesempatan yang sama pula, diadakan lomba kreasi lagu Tanjung Perak.

Baca juga: Demi Syahrini, Reino Barack Rela PDKT Sampai ke London

“Dukungan bukan hanya dari Surabaya, ada yang datang dari Malang, Jombang, Kediri, bahkan Yogya dan Jakarta. Terharu, animonya luar biasa,” tutur Ketua Pelaksana Tanjung Perak Jazz Festival, FX. Boy.

Nama Tanjung Perak dipilih sesuai dengan histori musik jazz itu sendiri. Diketahui, bangsa Eropa pertama kali mengenalkan musik ini melalui Tanjung Perak Surabaya.

“Tanjung Perak itu unik. Selain ikon Surabaya, dari event-event jazz di Tanah Air, yang punya lagu hanya Tanjung Perak,” ungkap Indah Kurnia, selaku Ketua Umum Surabaya Entertainer Club (SEC).

Tanjung Perak Jazz Festival
Foto: Catur/Nyata

Tak tanggung-tanggung, acara yang digarap SEC ini berlangsung dalam dua venue sekaligus, dari siang hingga malam pukul 23.00 WIB.

Baca juga: Total Ratusan Miliar! Membandingkan 5 Cincin Tunangan Jennifer Lopez

Hal ini tentu saja disambut gembira oleh para pecinta jazz di Surabaya. Antusiasme dibuktikan dari bertambahnya pengunjung Gunawangsa Mall yang memadati sekitar area.

Tanjung Perak Jazz Festival
Foto: Catur/Nyata

Suasana pun semakin meriah saat Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak hadir. Tidak hanya duduk manis menyaksikan penampilan Mus Mujiono membawakan Arti Kehidupan. Diiringi band Surabaya All Star, Emil kemudian menyumbangkan suara merdunya lewat lagu Moody’s Mood, yang dipopulerkan oleh George Benson.

“Jazz bisa dinikmati siapapun, di manapun jadi. Harapannya, masyarakat tidak monoton mengotak-kotakkan musik. Ini bagian dari kreativitas yang tidak boleh dikotak-kotakkan ke segmen ekonomi apapun,” pungkas Emil.

Tanjung Perak Jazz Festival
Foto: Catur/Nyata

Selain Mus Mujiono, Tanjung Perak Jazz Festival juga diramaikan oleh sejumlah musisi dan penggiat musik jazz, seperti Idang Rasjidi, Barry Likumahuwa, Nita Aartsen, Yudi Barlean Korek Jazz, dr. Mik’n The Blues Project, Saxobrother, dan masih banyak lainnya. (*)