Senggol Masalah Toleransi, Iwa K: Berbeda Itu Perlu

0
25
Iwa K dan Mario Zwinkle. Foto: Dea/Nyata

Melalui single terbarunya yang berjudul Beda, Iwa K berkolaborasi dengan Mario Zwinkle. Mereka menyuarakan keresahannya terhadap fenomena toleransi dan perbedaan, yang kini tengah marak diperbincangkan.

Iwa menegaskan bahwa ia tidak ada maksud untuk menggurui atau menyenggol pihak-pihak yang tengah bersitegang.

Ya saya pun juga merasakan hal yang sama, mendengar hal yang sama, merasakan hal yang sama. Ada kekhawatiran yang sama, dan dikeluarin lewat rap dan jadi musik,”tegas Iwa.

Baca juga: Persiapan Tumbuh Kembang Anak ala Ibu Cerdas Zaman Now

“Syukur-syukur ada yang gabung sefrekuensi dengan saya. Karena orang berbeda itu perlu, jadi kesempatan buat belajar. Mengenal orang, bergaul, dan kedewasaan kita dituntut banget, untuk menghadapi sesuatu yang beda,” lanjutnya antusias.

View this post on Instagram

A post shared by iwa k (@iwaktherockfish) on

Namun, dirinya tak mau muluk-muluk. Karena bagi Iwa, lagunya kali ini juga menjadi sebuah upaya untuk perlahan membuka mata masyarakat, yang kini marak mempermasalahkan perbedaan yang ada.

Baca juga: Michelle Tjokrosaputro, Angkat Kain Lurik ke Tingkat Dunia

Ya nggak bermimpi mengubah orang banyak simsalabim. Paling nggak dengan berkarya, orang bisa menikmati, dan dari situ kita bisa saling ngobrol dan memberi inspirasi,” tutur Iwa.

Tetapi, Iwa menyangkal apabila rilisnya single kali ini sengaja mendekati momentum pemilihan presiden pada bulan April mendatang.

“Nggak lah, bukan. Intinya lebih ke kita nggak bisa koar-koar untuk orang bisa memahami perbedaan, kalau kita nggak mulai memahami dari diri kita sendiri dengan musik ini,” seru rapper kelahiran Bandung ini. (*)