Pentingnya Pemeriksaan Genetik Untuk Anak Berpenyakit Langka

0
36
Suasana aula Prodia saat materi dr. Widya Eka Nugraha, M.Si. Med. Foto: Bayu Aji/Nyata

Dalam rangka memperingati Hari Penyakit Langka Sedunia yang jatuh pada 28 Februari lalu, Prodia memberikan pemeriksaan genetik chromosomal social analysis (CMA) bagi komunitas Indonesia Rare Disorders (IRD) sebagai salah satu bentuk corporate social responsibility (CSR).

Yola Tsagia, selaku ketua IRD sekaligus mewakili para orang tua anak-anak berpenyakit langka merasa sangat bersyukur atas bantuan tersebut.

Baca juga: Persiapan Tumbuh Kembang Anak ala Ibu Cerdas Zaman Now

“Saya berharap masyarakat semakin memahami apa itu penyakit langka dan hal-hal yang harus dilakukan oleh keluarga penyandang penyakit langka,” ujar Yola saat ditemui di acara Bridging Health & Social Care, Kamis (14/3) lalu.

Yola Tsagia, ketua Indonesia Rare Disorders. Foto: Bayu AJi/Nyata

Dalam acara tersebut juga dijelaskan berbagai materi pendukung, seperti pentingnya deteksi dini dengan tes genetik oleh dr. Widya Eka Nugraha, M.Si. Med., serta peran kesehatan mental untuk keluarga penyandang penyakit langka oleh psikolog Rahma Paramitha.

Baca juga: Hati-hati! Penyakit Ginjal Kronis Banyak Menyerang Usia Produktif

“Setiap anak penyandang penyait langka juga berhak menjadi berdaya”. Foto: Bayu AJi/Nyata

“Kesehatan mental keluarga penyandang juga sangat penting. Jangan sampai karena terlalu fokus dengan si spesial, kita jadi lupa punya waktu untuk anak kita yang lain, untuk pasangan, serta untuk diri sendiri,” terang Rahma. (*/rez)