Alasan Iwa K Senggol Isu Perbedaan dan Toleransi

0
36
Foto: Dea/Nyata

Nama rapper Iwa K hingga kini masih terus melejit, dengan karya lagu-lagu hip hop yang ikonik. Setelah tahun 2018 lalu merilis lagu berjudul Indonesian With Attitude, kini Iwa K kembali mengangkat tema serupa.

Berangkat dari keresahan dirinya akan semakin terkikisnya toleransi di Indonesia, musisi 48 tahun tersebut mantap melantunkan kalimat-kalimat berima yang cukup menyindir.

Baca juga: Persiapan Tumbuh Kembang Anak ala Ibu Cerdas Zaman Now

Nusantara belantara kerakusan tiada tara” dan “kinipun sampah telah terbungkus oleh jubah nan mewah” menjadi salah satu contoh lirik rap, yang ditulis oleh pemilik nama lengkap Iwa Kusuma ini. Namun, keterkaitan karyanya terhadap sisi nasionalisme, diakui Iwa bukanlah suatu kesengajaan.

View this post on Instagram

A post shared by iwa k (@iwaktherockfish) on

“Ini pure tidak disengaja. Gue juga nggak tahu kenapa setiap nulis lirik, larinya ke arah situ terus. Gue lagi aware di isu perbedaan ini sih ya,” terang Iwa K, saat ditemui di sebuah kafe di daerah Senopati, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Melalui single berdurasi 4 menit ini, Iwa K menyuarakan keresahannya terhadap fenomena perbedaan pendapat yang tengah panas.

“Takut banget kalau nanti anak udah besar, mengalami atmosfer yang seperti ini. Iya kalau gue masih hidup, kalau nggak? Makanya dimulai dari sekarang ini buat bikin karya, sambil belajar,” ujar bapak dua anak tersebut. (*)