Happy Salma Satukan 26 Penyair Legendaris dalam Cerita Cinta

0
56
drama-terbaru-happy-salma
Foto: Yanuarika/Nyata

Happy Salma tampaknya semakin menikmati perannya sebagai produser. Bersama Titimangsa Foundation, yayasan nirlaba di bidang budaya yang didirikannya, sudah banyak pertunjukan seni yang ia buat.

Yang terbaru, ia bakal menggelar pertunjukan yang unik di Teater Taman Ismail Marzuki Jakarta, pada 16-17 Maret mendatang. Bertajuk Seni Tak Pernah Sederhana, pementasan ini menggabungkan puisi cinta terkenal, yang ditulis sekitar 26 penyair Indonesia.

Penggalan-penggalan puisi tersebut disusun menjadi dialog dan nyanyian, dalam tata visual yang megah konser musikal.

“Pertunjukan kami banyak mengutip puisi Chairil Anwar. Saya pikir puisi itu enggak hanya bisa dideklamasikan. Tapi juga bisa menjadi tontonan yang menarik. Akhirnya saya punya ide untuk menggabungkan puisi cinta dari penyair terkenal disusun menjadi sebuah alur cerita,” kata Happy saat ditemui di Balai Pustaka, Jakarta (8/3).

Baca juga: 8 Artis yang Nama Anaknya Indonesia Banget

Ide Happy tersebut sudah ada sejak satu tahun lalu. Ia pun menyampaikannya kepada PT Balai Pustaka (Persero). 

Gayung bersambut, Balai Pustaka mendukung ide Happy untuk mengangkat puisi ke pertunjukan. Mereka pun sepakat menunjuk Agus Noor sebagai sutradara dan penulis naskah.

Selama beberapa bulan Agus dan Happy sibuk mengumpulkan ratusan penggalan puisi, dari puluhan penyair ternama. Mereka menyambungnya menjadi sebuah cerita cinta.

drama-musikal-happy-salma
Foto: Yanuarika/Nyata

Yang istimewa lagi, adalah mereka melibatkan para pemain yang sudah memiliki nama besar di industri hiburan Tanah Air. Mereka adalah Reza Rahardian, Marsha Timothy, Chelsea Islan, Atiqah Hasiholan, Teuku Rifnu, Sita Nursanti dan Butet Kertaredjasa. 

Meski sudah berpengalaman di dunia akting, mereka merasa pertunjukan ini jadi tantangan tersendiri. 

“Saya sudah 3 kali main teater yang naskahnya sudah berupa dialog. Tapi beda di pertunjukan ini, karena mengutip ratusan penggalan puisi yang sudah terkenal. Ini susah karena harus tepat, dan nggak boleh improvisasi, nanti yang punya puisi marah,” kata Reza yang akan berperan sebagai Adam.

Baca juga: Jadi yang Termuda dan Terkaya, Ini 5 Fakta Bisnis Kylie Jenner

Sementara itu, Marsha mengungkap bahwa menyanyi adalah tantangan baru baginya.

“Susahnya karena aku harus nyanyi depan umum, itu yang selama ini belum pernah aku lakukan. Jadi aku harus latihan khusus untuk mendapatkan pede tambahan,” kata pemeran Hawa tersebut.

Aktris cantik Chelsea Islan, yang baru pertama kali bermain dalam pentas musikal juga sempat curhat. Monolog dan koreografi, jadi tantangannya kali ini.

“Kalau di pementasan sebelum-sebelumnya, kan aku banyak tek-tok-an sama pemain lain, kali ini banyak monolog. Ini challenge buat aku. Pertama kali juga aku pentas musikal yang harus menghafalkan koreografi,” ujar Chelsea, yang kebagian peran sebagai perempuan malaikat.

Di sisi lain, Atiqah Hasiholan yang kebagian peran sebagai perempuan malam, mengaku percaya diri. Terlebih ia sudah sering mendapat peran serupa. 

“Di sini aku kebagian peran sebagai perempuan malam. Untungnya aku udah sering dapat peran pelacur hehee. Enggak ada observasi, paling tantangannya adalah bergoyang karena aku di sini dapat banyak goyangan,” kata Atiqah tersenyum.

Baca juga: Transformasi Gaya Syahrini yang Makin Cetar Membahana

Rifnu lain lagi. Pemeran penyair tersebut mengaku kesulitan dalam menyambungkan dan menerjemahkan teks puisi ke dalam pertunjukan. Meski begitu, ia tetap berusaha secara maksimal. 

“Banyak naskah drama yang saya pentaskan, tapi kesulitan di sini karena teks puisi dari penyair berbeda harus saya sambungkan, dan terjemahkan ke pertunjukan,” jelas Rifnu pemeran Penyair.//noe