Saat Tenun Donggala Disulap Jadi Busana Modis yang Digemari Milenial

0
2672
baju-tenun-donggala-modis
Foto: Istimewa

Didiet Maulana tampak terharu, usai menggelar mini fashion show bertajuk Tribute to Donggala. Sesuai dengan temanya, pagelaran kali ini khusus dipersembahkan kepada para pengerajin tenun Donggala, di mana banyak yang menjadi korban tsunami, Oktober 2018 lalu. 

“Sejatinya, karya ini akan ditampilkan seminggu sebelum tsunami. Tapi apa daya, ada bencana. Ini adalah persembahan untuk mengenang para penenun yang banyak menjadi korban,” kata Didiet Maulana, ketika ditemui usai fashion show, Rabu (20/3) lalu.

baju-tenun-donggala-modis-1
Foto: Istimewa

Baca juga: Modisnya Batik Lurik yang Disulap jadi Baju Edgy Kekinian

Didiet Maulana tampak sentimentil. Itu karena dia yang terjun sendiri ke Donggala, untuk memberikan bimbingan dan pelatihan kepada para penenun selama 2 minggu. Ia bekerja sama dengan Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementrian Perindustrian.

baju-tenun-donggala-modis-3
Foto: Istimewa

Di tangan Didiet Maulana, tenun Donggala tidak lagi tampil kuno. Lewat teknik pengerjaan yang lebih modern, serta motif yang variatif, membuat tenun Donggala siap bersaing di era milenial.

baju-tenun-donggala-modis-4
Foto: Istimewa

Baca juga: Siap-siap Terpana! Intip Gaya Kate Middleton dengan Busana Merah

Ada 10 koleksi yang ditampilkan, dari beberapa jenis kain tenun Donggala. Di antaranya adalah kain pelekat garusu dan buya cura, buya bomba, kain buya subi, kain kombinasi bomba dan subi, bomba kota dan buya awi yang dikombinasi dengan material modern seperti lace.

baju-tenun-donggala-modis-5
Foto: Istimewa

Warna-warnanya pun sangat colourful, seperti ungu, terakota, hijau hingga biru muda. Potongan baju yang longgar, membuat koleksi ini bisa dipakai wanita dengan beragam bentuk tubuh.

“Ciri khas dari tenun Donggala ini adalah warnanya cenderung bright. Dengan dominasi motif floral, kue daerah, serta motif lain yang dekat dengan kehidupan masyarakat di sana,” kata mantan arsitek ini.

baju-tenun-donggala-modis-6
Foto: Istimewa

Baca juga: Pesona Batik Nusantara di Panggung New York Fashion Week 2019

Karya Didiet Maulana itu ditampilkan, sebagai penanda dibukanya Adiwastra Nusantara 2019. Pameran kain adati terbesar di Indonesia.

Pameran itu berlangsung mulai 20 Maret 2019 di Hall B JCC Senayan. Diikuti lebih dari 400 peserta, dan menyajikan beragam produk kain adati seperti batik, tenun, ikat, songket dan sulam, serta produk fashion lainnya. (*/rez)