Nyanyi Lagu Bilang Saja, Agnez Mo Dituntut Bayar Penalti Rp1,5 M

DISOMASI: Agnes Mo menyanyi lagu Bilang Saja tanpa izin. Foto: Dok. Instagram @agnezmo
DISOMASI: Agnes Mo menyanyi lagu Bilang Saja tanpa izin. Foto: Dok. Instagram @agnezmo

Agnez Mo mendapatkan surat somasi dari komposer Ari Bias, karena menyanyikan lagu ciptaannya bertajuk Bilang Saja tanpa izin. Somasi tersebut dilayangkan untuk HW Group sebagai penyelenggara event

Dari penuturan Ari Bias, Agnez Mo telah menyanyikan lagu ciptaannya saat manggung di tiga kota yakni Surabaya, Bandung dan Jakarta, pada Mei tahun lalu.

Sebelum melakukan somasi, Ari sempat mengajukan direct license kepada Agnez Mo.

“Ari menyatakan lagu khusus yang digunakan live, dia menerapkan sistem direct license. Artinya meminta izin langsung kepada Ari yang merupakan penciptanya,” ujar Minola Sebayang, selaku kuasa hukum Ari, dikutip dari Kompas.

“Kalau mekanismenya dengan itu Ari bisa memberi izin dan atau memberi informasi pada LMKN. Sehingga bisa berjalan sebagaimana mestinya,” sambungnya.

| Baca Juga: Batik Agnez Mo di KTT COP28 Punya Makna Mendalam

Namun sayang, pihak Agnez Mo tak memberikan jawaban. Begitu pula dengan HW Group, yang tidak membayar royalti ke LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional). Sebagai penyelenggara, tentunya mereka tahu penyanyi 37 tahun itu telah menyanyikan lagu Bilang Saja.

Cara selanjutnya yang dilakukan Ari Bias ialah, melayangkan somasi tertutup kepada Agnez Mo dan HW Group. Sejak dilayangkan pada 19 April 2024, sampai saat ini Ari masih belum mendapatkan jawaban apapaun

“Jadi, tadinya kita berharap dengan adanya somasi (tertutup) kepada HW Group atau PT Aneka Bintang Gading ini, ada informasi (dari mereka) kepada Agnez Mo ini. Sehingga kita mendapatkan respons,” ujar Minola lagi.

| Baca Juga: Makin Go International! Agnez Mo Tampil Cetar di Cover Majalah Vietnam

Sampai pada akhirnya, tim Ari Bias melakukan somasi terbuka dengan tuntutan denda mencapai Rp1,5 miliar, kepada Agnez Mo dan HW Group karena membawakan lagunya.

“Kami meminta mereka untuk segera melakukan kewajiban mereka untuk membayar penalti atas pelanggaran yang mereka lakukan dengan tidak menggunakan izin kepada pencipta menggunakan lagu secara komersil dalam konser yang dilakukan sebanyak tiga kali itu ya,” papar Minola.

“Penalti masing-masing sebesar Rp500 juta. Jadi tiga konser artinya ada Rp 1,5 miliar yang harus dibayarkan,” imbuhnya.

Saat ini, mereka sedang menunggu iktikad baik dari Agnez Mo dan HW Group agar bisa menyelesaikan masalah ini secepatnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here