Nunung Ungkap Kondisi Kesehatannya Pasca Divonis Kanker Payudara

Foto: Dok. lombokinsider.com

Nunung ungkap kondisi kesehatannya yang mengejutkan pada Rabu (1/2) lalu. Saat menjadi bintang tamu dalam Podcast Ruben Onsu, sang komedian mengungkapkan bila dirinya telah divonis kanker payudara. Kanker yang tengah dideritanya kini terungkap saat ia tengah melakukan cek darah untuk penyakitnya yang lain, yang ia derita dari lama.

Personel Srimulat tersebut bercerita bagaimana sedihnya ia saat mendengar vonis dari dokter, “Saya sedih, tapi saya nggak boleh marah. Saya cuma, ‘Ya Allah, ujian apa lagi yang harus saya jalani?’” kata Nunung.

Ia kemudian melanjutkan, saat mendengar vonis dari dokter, ia segera memulangkan keluarga besarnya di Jakarta ke Solo. Wanita berumur 59 tahun tersebut mengungkapkan bila saat ini ia tengah fokus pada dirinya sendiri. Nunung berusaha menyembuhkan penyakit yang kini tengah dideritanya. Ia meminta anak-anaknya untuk mulai mencoba menjalankan usaha di tempat tinggal asal mereka itu.

“Yaudah aku minta sama mereka untuk sementara ini kalian ya mau nggak mau, bisa nggak bisa kalian harus bisa usaha apalah. Sekarang kan ada jualan online, mau jualan makanan, mau apa, yang penting kalian ada pemasukan,” bebernya pada Ruben Onsu kala itu.

|Baca Juga: Ditawari Jadi Duta Anti-Narkoba, Ini Jawaban Nunung

Nunung Ungkap Kondisi Kesehatannya Pasca Divonis Kanker Payudara. Foto: Dok. YouTube MOP Channel

Nunung juga menceritakan bagaimana stress yang dialaminya. Ia merasa begitu berat menjalani hidup dengan penyakit-penyakit yang telah ia derita dari lama dan sekarang ditambah ia divonis idap kanker. Ia hanya bisa menangis setiap hari meratapi cobaan yang dilaluinya. Sang komedian pun menambahkan, saat stress musuh terbesarnya adalah penyakit yang ia derita. Tapi ia merasa tidak bisa menghindari hal itu dengan semua yang telah ia lalui.

“Padahal dokter bilang bahwa, pas didiagnosa ini, satu, tidak boleh stress. Karena stress itu yang membuat kankernya lebih cepat bereaksi,” ucapnya.

Nunung juga merasa ia masih tetap bertanggungjawab atas keluarganya, meskipun ia telah memulangkan mereka ke Solo.

“Ya tapi gimana lagi saya nggak stress. Saya harus mikirin keluarga saya, ya meskipun saya udah lepas, saya udah menyuruh mereka semua pulang ke Solo. Tapi kan saya masih ada tanggung jawab buat anak-anak saya,” jelasnya lagi.

Selain khawatir tentang keluarganya, Nunung juga bercerita jika salah satu penyebab stress yang ia alami adalah pikiran tentang operasi serta kemoterapi. Bayangan tentang proses operasi dan kemoterapi yang memakan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit begitu menghantuinya. Ia ungkap jika ia begitu takut menghadapi kemoterapi.

|Baca Juga: Kronologi Tertangkapnya Nunung Terkait Kasus Narkoba

“Takut sekali saya. Karena, kalu operasinya itu ya sudah operasi. Kemo kan membutuhkan waktu yang panjang. Ya kembali lagi, gimana keluarga saya. Tapi ya harus dijalani. Takut, saya takut,” ucap sang komedian sambil berlinang air mata.

Nunung juga ungkap alasan lain kenapa ia takut menghadapi kemo. Karena proses kemo yang memakan waktu berbulan-bulan, ia khawatir tidak akan bisa bekerja kembali dan tidak bisa memenuhi tanggung jawab sebagai tulang punggung keluarga.

Untuk saat ini, ia mengungkap jika dirinya tengah menjalani pemeriksaan untuk mengetahui jenis apa kanker payudara yang tengah ia derita, sekaligus sejauh mana sel-sel kanker tersebut menyebar. “Kemarin biopsy, kalau hari ini ambil darah. Kemarin sih sudah foto kayak foto untuk paru, untuk semuanya, jadi sudah menyebar ke mana, mau dilihat. Mudah-mudahan nggak (nyebar), masih tetep (di daerah benjolan),” ungkapnya harap-harap cemas. *via/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here