Kenali Apa Itu Diet 80/20 yang Bikin Orang Jepang Panjang Umur!

Foto: Dok. freepix

Memiliki tubuh langsing ideal merupakan impian banyak orang. Tak hanya demi menunjang penampilan yang menarik, tapi juga demi kesehatan. Berumur panjang pun juga jadi impian bagi sebagian orang. Nah, semua ini bisa didapat dengan menerapkan diet sehat ala orang Jepang nih. Diet apa sih sebenarnya?

Nah diet ini adalah diet 80/20 yang banyak diterapkan oleh masyarakat di wilayah Zona Biru. Dimana Zona Biru sendiri, merupakan wilayah-wilayah dunia yang masyarakatnya mempunyai umur panjang dan sehat. Salah satu yang termasuk Zona Biru adalah Okinawa, Jepang. Melansir dari Wolipop, rata-rata penduduk Okinawa yang berumur panjang dan tidak terkena penyakit serius menerapkan diet 80/20 dalam hidupnya.

Melansir Beautynesia, diet 80/20 sendiri merupakan diet sehat yang mana menekankan untuk merasakan kenyang hanya sebesar 80% saja. Sedangkan 20% dari sisa lapar tersebut dibiarkan, dianggap sebagai perasaan lapar yang tidak perlu dipenuhi. Kebiasaan ini akan membantu otak untuk memberikan sinyal bahwa perut sudah terasa penuh.

|Baca Juga: Mata Tiroid Bisa Picu Kebutaan, Perhatikan Gejala Awalnya!

Kenali Apa Itu Diet 80/20 yang Bikin Orang Jepang Panjang Umur! Foto: Dok. Pexels

Diet 80/20 juga dapat dimaknai dengan menerapkan pola makan yang sehat. Dimana saat menjalankan diet tersebut, kita harus mengonsumsi 80% makanan sehat atau kurang lebih selama 6 hari. Lalu 20% setelahnya, kita dapat mengonsumsi makanan lain yang kita inginkan, atau satu hari sisa dalam seminggu.

Untuk penduduk Okinawa sendiri, selain menerapkan aturan 80/20, mereka juga sangat disiplin mengenai pola dan porsi makan setiap harinya. Mereka akan makan dengan porsi yang lebih sedikit pada siang hari. Kemudian mereka akan menambah porsinya lebih banyak pada malam hari. Dengan catatan, mereka tidak makan sebelum jam tidur. Selain itu, rata-rata penduduk Okinawa tidak akan memakan makanan tambahan lagi setelah makan malam untuk menjaga diet mereka.

|Baca Juga: Keunggulan Dehumidifier, Solusi untuk Ruangan Bebas Jamur dan Tidak Lembap

Selain itu, penduduk Okinawa dikenal tidak mengonsumsi gula dan garam secara berlebih. Mereka percaya mengonsumsi gula secara berlebih akan menyebabkan diabetes, mempercepat pikun, penuaan dini, serta masalah-masalah lainnya.

Lalu, apabila mengonsumsi garam secara berlebih mereka percaya asupan garam dalam tuubuh dapat meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung. Oleh karena itu, para penduduk Okinawa sangat memperhatikan asupan gula dan garam yang masuk ke tubuh mereka. Ini mereka lakukan untuk menghindari dampak yang ditimbulkan.

Meskipun begitu, tak lupa nutrisi merupakan salah satu zat penting untuk tubuh. Oleh karenanya, para penduduk Okinawa sangat suka mengonsumsi daging dengan porsi yang cukup untuk penuhi kebutuhan nutrisi. Walaupun begitu, konsumsi daging ini masih tetap dibarengi dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Namun, untuk para penduduk yang telah lanjut usia asupan nutrisi lebih diutamakan lewat mengonsumsi makanan dengan kandungan protein nabati. Contohnya dengan mengonsumsi bayam, kacang kedelai, maupun ubi jalar.

Nah, itu dia apa itu diet 80/20 yang membuat penduduk Jepang tetap panjang umur dan sehat. Untuk kalian yang menginginkan umur panjang dengan penampilan yang tetap terjaga, boleh loh mencoba diet ini. *via/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here