Ridwan Ibrahim, Model Berhijab Kulit Hitam yang Berkarir di Korea

ridwan ibrahim hijaber black model
Dok. Instagram Ridwan Ibrahim

Ridwan Ibrahim, model keturunan Somalia-Amerika menceritakan perjuangannya berkarir di industri model Korea, Rabu (16/2). Melalui Teen Vogue dia menjelaskan bagaimana akhirnya terjun ke bidang yang sama sekali tidak pernah dibayangkan olehnya.

Model berusia 25 tahun itu menjelaskan ketika orang-orang disekelilingnya selalu mendorongnya menjadi model karena memiliki tinggi badan 183 cm. Saat itu dia masih magang di suatu perusahaan di Korea, sebagai syarat mendapatkan gelar studi internasional dari perguruan tinggi.

“Aku memilih Korea karena banyak teman kuliah ku di Amerika berasal dari Korea dan saya tertarik ingin mengenal lebih jauh tentangnya,” kata Ridwan saat diwawancara Teen Vogue via Zoom.

Dok. Instagram Ridwan Ibrahim

| Baca juga: Beth Matthews, Model Down Syndrome yang Berhasil Dikontrak Agensi Inklusif Terbesar di Dunia

Setelah menyelesaikan magang dan kembali ke kampusnya di Amerika, Ridwan menerima telepon dari Universitas Korea tempatnya dulu magang untuk menjadi karyawan. Dengan mempertimbangkan segalanya, dia menerima tawaran tersebut dan kembali ke Korea Selatan untuk bekerja.

Pekerjaan sebagai pegawai kantoran dilakoni selama 6 bulan, hingga akhirnya dia sadar bahwa itu tidak cocok untuknya. Suatu saat, kerabat yang berprofesi sebagai fotografer memintanya menjadi model guna membangun portofolio, dan ya tentu saja gadis berkulit hitam itu mau. Nyaman dengan pekerjaan itu, Ridwan menjadikan model sebagai sampingan di tengah kesibukannya kerja kantoran dari jam 9 pagi sampai 5 sore. Sampai akhirnya tahun 2019 dia memutuskan untuk sepenuhnya berada di modelling.

Banyak lika liku yang dirasakan ketika menjalani pekerjaan sebagai model. Beberapa diantaranya adalah saat casting dia harus membawa alas bedak sendiri, karena perias Korea tidak menyediakan alas bedak dengan tone wajah seperti miliknya. Salah paham juga sering terjadi awalanya. Dia kerap diminta melakukan pemotretan dengan bikini oleh suatu agensi karena mengira menutup aurat hanya sebatas menyembunyikan rambut.

Ketika membawakan busana karya The Peterdo. Dok. Instagram Ridwan Ibrahim
Dok. Instagram Ridwan Ibrahim
(Kiri) Rihanna, (Kanan) Ridwan Ibrahim yang diajak kerja sama oleh Fenty Beauty by Rihanna di Korea. Dok, Instagram Ridwan Ibrahim

| Baca juga: Gara-Gara Ingin Langsing, Tubuh Model Linda Evangelista Malah ‘Meledak’. Kok Bisa?

Kegigihannya membuahkan hasil, sampai akhirnya dia berhasil diajak kerja sama oleh Fenty Beauty milik Rihanna, untuk ekspansi bisnis ke Korea. Dia terpilih menjadi model demonstrasi beauty workshop dan Q&A event. Melalui ini dia mendapatkan kontraknya dengan Shinhwasa Entertainment atau SHS Entertainment. Sebuah agensi yang menaungi model asing berbakat di Korea. Salah satu jebolannya adalah Bae Yujin, model berdarah Korea-Nigeria yang baru saja merambah dunia akting di K-Drama berjudul The Moment The Heart Shines.

“SHS Entertainment adalah agensi pertama yang memahamiku tentang batasan-batasanku berkarir di dunia model sebagai muslim,” katanya antusias. Sejak saat itu, karirnya melesat. Dia berhasil bekerjasama dengan beberapa brand Korea, diantaranta NYLON, Samsung, Uniqlo, dan Innisfree. Sebagai seorang pendatang, sepertinya dia akan mempertimbangkan untuk menetap di negeri ginseng, setelah diperistri Jin Dongho, pria asal Korea pada 10 Oktober 2020 lalu. (*)

Ridwan Ibrahim bersama suaminya Jin Dongho. Dok, Instagram Ridwan Ibrahim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here