Pesan Terakhir Dorce Gamalama Semasa Hidup

Foto: Dok. Instagram @dg_kcp

Kabar duka datang dari dunia entertainment Indonesia. Aktris senior, Dorce Gamalama, meninggal dunia pada, Rabu (16/2) lalu akibat COVID-19 yang dideritanya.

Wanita yang kerap dipangggil Bunda Dorce ini sering hadir sebagai bintang tamu di kanal televisi atau YouTube. Seakan sudah mempersiapkan diri menghadap Sang Ilahi, dirinya kerap berbicara terkait wasiatnya semasa hidup. Ini adalah pesan dari mendiang Dorce.

1. Sudah persiapkan kain kafan dan kuburan sendiri

Foto: Dok. Instagram @dg_kcp

Menjadi bintang tamu dalam podcast Denny Sumargo. Dorce memberitahukan jika dirinya telah mempersiapkan semua kebutuhan untuk meninggalnya nanti.

“Saya sudah bilang sama anak saya. Kamu jangan sakiti mama karna umur mama gak panjang. Saya kan udah punya kain kafan sendiri, saya punya kuburan sendiri,” ucap komedian berusia 58 tahun itu.

Dorce kembali menjelaskan, “Rumah saya yang di lubang buaya itu masjid, lha masjid itu sebelahnya tempat (kuburan,red) saya pulangnya.”

2. Ketemu Ibu dan Bapak

Foto: Dok. Instagram @dg_kcp

Semasa hidupnya, Dorce menginginkan bertemu orang tuanya yang telah lama meninggal dunia sewaktu dia masih bayi.

“Pingin ketemu ibu bapak aja karena mereka kan udah gak ada. Saya ditinggal bapak umur tiga bulan, ditinggal ibu umur empat bulan. Jadi gak kenal ibu sama bapak,” kata artis yang bernama asli Dedi Yuliadi Ashadi itu.

|Baca Juga: Kabar Duka, Dorce Gamalama Meninggal Dunia

3. Keluarga mengurus meninggalnya Dorce

Foto: Dok. Instagram @dg_kcp

Dia menginginkan jenazahnya diurus oleh keluarganya sendiri.

“Untuk Ustadz-ustadz yang sudah menerangkan mati saya. Siapa yang memandikan saya, siapa yang akan mengubur saya. Biarkanlah keluarga saya yang akan mengurusnya. Mau kain kafannya tujuh lapis atau delapan lapis, saya serahkan kepada yang ngurus jika laki-laki boleh, perempuan boleh, laki perempuan boleh. Jadi siapa saja boleh memandikan saya,” ungkapnya, dikutip dari Instagram @dg_kcp.

4. Urusan Pemakaman

Foto: Dok. Instagram @dg_kcp

|Baca Juga: Sebelum Meninggal, Putri Nurul Arifin Ternyata Diet Vegetarian Sejak Usia 14 Tahun

Sempat membuat heboh karena memiliki wasiat ingin dimakamkan sebagai perempuan. Dorce mengikhlaskan untuk dimakamkan sesuai ketentuan.

“Seandainya jika saya meninggal, uruslah jenazah saya. Seandainya laki-laki uruslah, seandainya perempuan uruslah sesuai dengan kelamin yang saya miliki. InsyaAllah saya ikhlas,” kata Bunda Dorce pada, Senin (31/1) lalu.

Dilansir dari salah satu platform media Indonesia, Dorce Gamalama akan dishalatkan sesuai dengan prosedur COVID-19 di Masjid Al-Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Semasa hidupnya, Dorce menginginkan dirinya saat meninggal dimakamkan sebagai perempuan. Namun, Ustaz Anna Muhajir selaku pengurus Masjid Al-Hayyu memastikan jika Dorce dimakamkan sebagai laki-laki.

“Dimakamkan secara perempuan itu kita serahkan semua kepada Allah. Itu kan cuma keinginan beliau, yang ngurusin kan kita semua. Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa, ya kita kembalikan lagi ke asal, yang penting kita lihat keimanan dia ke Allah, saya gak lihat yang lain-lain dulu,” kata Ustadz Anna Muhajir kepada awak media.

Selamat Jalan Bunda Dorce, Jasamu akan kami kenang selalu. Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here