Kanye West Bipolar, Inikah Sebab Dia Bertingkah Aneh?

kanye west bipolar
Dok. BRAD BARKET/GETTY IMAGES

Rapper Amerika Kanye West belakangan seringkali muncul di pemberitaan. Apa lagi, kalau bukan urusan asmaranya dengan Kim Kardashian. Ye, yang dikabarkan sudah move on dengan Julia Fox kini putar balik dan tancap gas menuju mantan istrinya yang sekarang tengah menjadi pasangan komedian Pete Davidson.

Nggak terima dirinya bukan lagi menjadi yang utama, Kanye menyatakan perang dan coba mengancam Pete untuk tidak mendekati mantan istri dan anak-anaknya.

Kim boleh jadi muak dengan tingkah laku mantan suaminya. Sikap Kanye West yang naik turun itu ternyata akibat bipolar yang di deritanya sejak tahun 2016. Bahkan di tahun-tahun politik Amerika, Kanye pernah menyatakan ingin menjadi Presiden AS, pemikirannya lantas berubah dengan mendukung Presiden Donald Trump yang terkenal rasis kepada orang kulit hitam, tak sampai situ dia bahkan menyalahkan tokoh Harriet Tubman karena tidak benar-benar membebaskan para budak (kulit hitam).

kim-kanye
Dok. AXELLE/BAUER-GRIFFIN

| Baca juga: Bikin Heboh Lagi! Kanye West ‘Ancam’ Pete Davidson karena Pacari Kim Kardashian

Melansir dari Vogue, Kanye juga sempat bercerita di sebuah rapat umum dan mengungkapkan istrinya Kim Kardashian ingin melakukan aborsi ketimbang melahirkan anak pertama mereka. Ye juga pernah mengunggah kata-kata kasar di Twitter berisi pengakuan bahwa dirinya dikunci oleh Kim dan ibunya Kris Jenner.

Kegaduhan yang disebabkan Ye ini membuat Kim malu, sehingga dia mengucapkan permintaan maafnya secara terang-terangan ke publik, “Untuk Kim, aku tahu telah menyakitimu. Maafkan aku. Terimakasih karena selalu ada untukku.”

23 Juli 2020, Kim yang saat itu masih berstatus sebagai istrinya merasa kewalahan harus menghadapi sikap Ye yang serba tidak terprediksi. Dia pun mengunggah story di Instagram yang berbunyi, “Seperti yang kalian tahu, Kanye memiliki gangguan bipolar. Siapa pun yang memiliki ini atau memiliki orang yang dicintai dalam hidupnya mengidap gangguan ini pasti tahu betapa rumit dan menyakitkan untuk dipahami.

Kim juga menjelaskan semenjak Kanye didiagnosis bipolar, suaminya kerap mengalami episode manik (paranoia). Sayangnya saat itu Ye menolak pengobatan. “Aku nggak pernah cerita secara terbuka tentang bagaimana (bipolar) ini bisa mempengaruhi kami di rumah karena aku sangat protektif kepada anak-anak kami dan hak privasi Kanye dalam hal kesehatannya,” tulis Kim dalam pernyataannya.

kanye-west-penyintas-bipolar
Dok. KEVIN MAZUR/GETTY IMAGES

| Baca juga: Dicampakkan Kanye West, Julia Fox Ngamuk!

Bisa jadi, stigma yang melekat di masyarakat tentang gangguan mental, membuat Kanye enggan menjalani pengobatan saat ketahuan terdiagnosa bipolar. Kim Kardashian harus memberikan edukasi kepada jutaan pengikutnya tentang kesehatan mental, supaya tidak ada lagi yang berpikiran negatif tentang hal itu dan tidak melakukan pengobatan.

Tetapi hari ini aku merasa harus mengomentarinya, karena stigma dan kesalahpahaman tentang kesehatan mental. Mereka yang dekat dengan Kanye pasti mengetahui isi hati dan kata-katanya terkadang tidak sejalan dengan niatnya,” kembali Kim Kardashian berkata.

Begitu murah hatinya Kim dulu yang menyadari kekurangan mantan suaminya dan mampu melihat dua sisi berbedanya. Menurut Kate Leaver, Vogue, gangguan bipolar bisa membuat Kanye West tidak bisa dikenali oleh dirinya sendiri dan orang yang dicintainya. Mania seperti Kanye bisa membuat orang merasa tak terkalahkan. Itu lah yang membuatnya yakin bisa berbuat apa saja, termasuk menjadi Presiden Amerika. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here