Oki Setiana Dewi Dikecam Gara-Gara KDRT

oki setiana dewi
Dok. Instagram

Ceramah Oki Setiana Dewi jadi viral karena dianggap setuju dengan kekerasan dalam rumah tangga. Video berdurasi 1 menit 47 detik yang diunggahnya di TikTok, Rabu (2/2) lalu jadi masuk trending satu Indonesia di Twitter, Kamis (3/2).

Video ceramah ini jadi viral karena isi ceramahnya dianggap merugikan perempuan. Oki cerita tentang kisah di Jeddah, dimana ada pasangan suami istri yang sedang bertengkar. Ketika suami sangat marah dengan istrinya, si suami langsung menampar keras pipi istrinya. Seketika tangis sang istri pun pecah. Selama merasakan kesedihan tiba-tiba bel pintu pasangan itu berbunyi dan sang istri kaget melihat kehadiran orang tuanya di depan pintu.

Orang tua si istri yang khawatir dengan keadaan anaknya lantas menyanyakan apa yang sebenarnya terjadi. Tidak mau pertengkaran rumah tangganya diketahui orang tua, si istri bilang kalau apa yang terjadi itu karena ia kebanyakan menangis saking rindunya dengan orang tua. Si istri berdoa kepada Allah supaya bisa bertemu dengan kedua orang tuanya. Melihat istrinya yang tidak mengadukan perbuatan suami kepada kedua orang tuanya. Si suami lantas jadi makin sayang kepadanya dan tidak mengulangi perbuatannya.

| Baca juga: Bayi ke Empatnya Lahir, Oki Setiana Dewi tak Bisa Langsung Bertemu

Oki menambahkan dalam ceramahnya, jika sebaiknya kita menutup aib suami kita sebagaimana yang dilakukan oleh tokoh istri yang diceritakan. Karena terkadang, menurut Oki perempuan kerap melebih-lebihkan cerita menyedihkan yang dialaminya. “Kan perempuan suka lebay dan melebih-lebihkan cerita, kalau sama orang tua,” ungkapnya.

Kalimat Oki yang seperti inilah dianggap menormalisasikan KDRT. Netizen khawatir ceramah yang dilakukan Oki ini bikin salah paham perempuan awam tentang adanya bahaya KDRT. Jika ada kekerasan yang dilakukan suami kepada istri atau anak, bukannya melapor malah justru diam saja dengan alasan menutup aib suami. 

Mungkin mba Oki Setiana Dewi belum pernah lihat pelaku dan korban KDRT. Bertahun-tahun tinggal bersebelahan rumah dengan suami yang kerjanya menganiaya istri. Main tangan itu watak yang bagaimanapun tidak bisa dirubah, jadi jangan bilang lebah. Sekarang mereka justru cerai setelah punya cucu,” ungkap akun @ichal_Jafar.

| Baca juga: Kabar Duka Datang dari Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi

Selain netizen, tokoh agama pun mengkritisi tajam ucapan Oki Setiana Dewi, sambil berkelakar Gun Nadir berkata:

Kasih tahu sama sang ustadzah, kalau suami mukul istri itu sebenarnya bukan aib yg harus ditutupi oleh istri. Itu KDRT. Harus lapor polisi. Cerita2 begini justru membuat istri dipaksa menerima kelakuan suaminya yg br*****k atas nama jaga aib suami. Istrimu bukan sasak tinju woy!” 

Mengetahui bahwa video ini viral, Oki lantas menghapusnya. Sampai saat ini pun ibu empat anak itu belum bisa dimintai keterangan terkait unggahannya yang menggegerkan itu. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here