15 Tahun Sukses di Belantika Musik, Ini Rahasia Grup RAN

rahasia-grup-musik-RAN-awet
Foto: Dok. Instagram RAN

Dibentuk sejak tahun 2006, grup musik RAN masih menunjukkan eksistensinya hingga saat ini. Karya-karya musik grup yang digawangi oleh Rayi, Asta, dan Nino itu tak pernah gagal membuat penikmat musik Indonesia kagum. 

Bukan hanya dikenal dengan karya-karya ciamiknya, RAN juga dikenal sebagai grup yang selalu kompak. Nino Kayam pun membocorkan rahasia di balik kekompakan dan awetnya grup mereka. 

“Kompromi dalam sebuah grup tuh penting banget. Kayak hubungan kita sama temen kita gitu. Meski ada waktunya kayak kita ngerasa, ‘Aduh gue tuh sebenernya inginnya ini. Tapi untuk grup kita harusnya itu’. Jadi harus bisa buat keputusan,” ujar Nino dalam konferensi pers virtual Girls Girls, Selasa (2/2). 

grup-musik-RAN
Foto: Dok. Instagram RAN

Baca juga: Transformasi 12 Artis Indonesia Jadi Lansia Lewat Age Challenge

Pemilik nama lengkap Anindyo Baskoro itu juga mengatakan kalau setiap anggota grup harus bisa berkompromi. Karena kesalahan satu anggota akan dirasakan oleh anggota lainnya. 

Nyatuin sinergi itu kayak terdengar sederhana, padahal butuh proses juga. Aku yakin kalau bisa berkompromi, grupnya pasti bisa bertahan lama,” jelas Nino. 

Tak bisa dipungkiri para penikmat musik pasti bisa merasakan kekompakan sebuah grup ketika manggung. Begitu pula ketika grup tersebut memiliki masalah internal. 

“Ketika lo manggung bareng dan nggak kompak itu penikmat musik pasti tahu. Mereka bisa ngerasain. Mereka pasti bisa mencium ada yang salah di hubungan grup kalian,” tukas Nino. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here