Ketika Raja Cheoljong ‘Mr. Queen’ Ikut ‘Tes PPKN’

Cheoljong Mr. Queen
Foto: Dok. Instagram @jhkim0405

Apa jadinya jika Kim Jung-hyun diminta untuk menceritakan hal-hal yang diketahuinya tentang Indonesia? Kita mungkin berpikir pemeran Raja Cheoljong dalam serial Mr. Queen itu tak cukup tahu tentang negara kita.

Namun nyatanya, Jung-hyun menjawab bak sedang mengikuti tes Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan alias PPKn. Sungguh berbeda dengan para seleb luar negeri lainnya, yang mungkin mengenal Indonesia hanya dari pulau Bali, atau kuliner seperti nasi goreng, bakso dan sate.

| Baca juga: Happy Ending, ‘Mr.Queen’ Cetak Rekor di Episode Terakhir

Jung-hyun memulainya dengan menyebut warna bendera kebangsaan Republik Indonesia (RI), berikut arti dari masing-masing warnanya.

“Indonesia. Bendera kebangsaannya merah dan putih. Merah artinya berani, putih artinya suci,” kata aktor kelahiran Busan, Korea Selatan itu, dilansir dari video CNN Indonesia.

Selanjutnya, Jung-hyun mendeskripsikan lambang negara RI. Sayangnya, bintang Crash Landing on You itu tidak tahu jika seekor burung yang dimaksud adalah burung garuda. Meski begitu, ia cukup detail dalam mendeskripsikan. Ia menyebut posisi burung mencengkeram pita bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Lambang negaranya seekor burung, seperti burung yang ada dalam mitos, mencengkeram sebuah pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika,” tambahnya.

| Baca juga: Fakta Kim Jung Hyun, Raja Misterius di Drakor Mr. Queen

Selain itu, pria kelahiran 5 April 1990 itu juga mengetahui siapa Presiden RI, mata uang, ibu kota hingga perkiraan jumlah pulau di Indonesia.

“Presiden yang menjabat sekarang adalah Joko Widodo. Ada sekitar 17 ribu pulau. Lalu mata uangnya rupiah. Lalu pulau Jawa memiliki populasi terbesar. Ibukotanya Jakarta,” beber Jung-hyun.

Pada kesempatan itu pula, Jung-hyun menjelaskan tentang penulisan Indonesia dalam tulisan Korea-China atau yang disebut dengan Hanja.

“Dalam karakter Korea-China (Hanja) ditulis Indoniseoa. Kemudian Indoniseoa jika disingkat menjadi Inni, memiliki arti zamrud khatulistiwa,” paparnya.

| Baca juga: 3 Bukti Jin ‘BTS’ dan Suho ‘True Beauty’ itu Kembar

Dalam sekejap, video tersebut langsung viral. Terutama di kalangan pecinta Korea. Banyak yang takjub dengan cara Jung-hyun mengenal Indonesia.

Omg cheoljeong mau jadi raja disini apa gimana?,” tulis akun @vicionairre. “???. Berasa nostalgia pas pertama belajar PMP. Keren nih aktor Kim mpe segitunya. Salut dah.??????,” puji akun @annarose_1305. “Raja jadi guru ppkn aja yah??,” sahut akun @adlnaay. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here