Waspadalah! Ini 8 Tanda Pacarmu Belum Move On dari Mantan

0
425
tanda pacar belum move on dari mantan
Foto: FilmAmeter

Kenangan bersama mantan memang sulit dilupakan. Jika pasangan sempat menjalin hubungan sebelum bersama kalian, tak bisa dihindari mereka pasti akan memikirkan mantan kekasihnya sekali atau dua kali.

Tapi, jangan khawatir girls, itu bukan hal buruk, kok. Jika kekasih kalian masih berteman dengan mantan tidak berarti mereka masih berkubang pada masa lalunya.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu waspadai  ketika pacar terlalu banyak membahas soal masa lalunya. Bisa jadi itu adalah tanda pacarmu masih belum bisa move on. Penasaran? Let’s check this out!

1. Pasangan sering membandingkanmu dengan mantan

Jika pacar kalian masih belum sepenuhnya move on, tanpa sadar mereka pasti akan sering membanding-bandingkanmu dengan apa yang didapatnya di masa lalu.

“Mereka mungkin tidak mengatakannya secara gamblang nama orang yang dibandingkan denganmu, tetapi mereka biasanya ngomong seperti ini ‘pada hubunganku yang lalu itu seperti ini’,” kata seorang terapis Julie Williamson, LPC, NCC, RPT kepada Bustle.

Baca juga: Girls, Ini Tujuh Tanda Pria Mencintaimu dengan Tulus

Tetapi jangan begitu saja terpancing emosi ketika pacar kamu mengatakan itu. Tidak selalu dia melakukannya karena rindu  masa lalunya, tetapi juga bisa disebabkan trauma yang masih membekas.

2. Mereka sering bermimpi tentang mantan

Bukan hal aneh saat kita bermimpi orang-orang yang pernah menjalin hubungan dengan kita. Tetapi ketika pacar sering bermimpi mantannya, itu bukan pertanda bagus.

“Ini mungkin bukan tanda mereka selingkuh atau apa, tapi bisa jadi punya masalah yang belum terselesaikan dengan mantannya. Ketahui bahwa pikiran kita memiliki kemampuan hebat. Ketika kita tidur, apa pun yang mengganggu kita akan bisa dengan mudah muncul dalam mimpi,” kata konsultan psikis dan spiritual, Davida Rappaport.

3. Pacar memanggilmu dengan nama mantan

“Ketika pasanganmu secara tidak sengaja memanggilmu dengan nama mantan, ini bisa jadi itu tanda kalau mereka masih memikirkan mantannya. Atau mungkin sesuatu mengingatkan mereka tentang mantan,” kata Rappaport.

Baca juga: Arti Dibalik Keunikan Username Instagram 5 Artis Korea Selatan

Jangan panik, kalian bisa mengajak berbicara pasangan dan mencoba memahami apa yang mereka rasakan. Sehingga beban mereka jauh lebih ringan.

4. Pacar suka sekali bernostalgia

Ketika pasanganmu masih suka bernostalgia momen-momen yang dijalani bersama mantannya, ini bisa jadi tanda mereka belum move on. Tapi ketika hubungan kalian sudah begitu kuat, bisa jadi ini adalah tanda pasangan merasa nyaman dan tidak khawatir untuk berbagi kisahnya denganmu.

5. Mereka membicarakan soal mantan di waktu-waktu yang tidak tepat

“Ketika pasanganmu membicarakan soal mantan di saat-saat yang tidak tepat seperti waktu berhubungan seksual, kencan romantis, pengakuan cinta, rasa takut dan masa depan. Kalian harus membicarakan masalah itu dengan pasangan,” kata seorang konsultan hubungan, Rosalind Sedacca.

6. Pacar selalu membicarakan mantannya dari sisi negatif

Ketika pasangan membicarakan mantannya dari sisi negatif, ini berarti mereka masih belum bisa memaafkan kejadian masa lalu. 

“Yang bisa kalian lakukan adalah membantu untuk meringankan bebannya dan memberitahu kalau kalian berbeda dari mantannya. Beri tahu kalau kalian benar-benar ingin membuat hubungan ini berjalan dengan baik,” kata Rappaport. 

7. Mereka suka stalking mantan

“Salah satu tanda jelas mereka masih terganggu dengan masa lalunya adalah mereka masih suka stalking mantan di media sosial. Atau kalian tahu kalau ini sering jadi topik pembicaraan dengan teman-temannya,” kata psikolog Dr. Danielle Forshee kepada Bustle.

8. Mereka terus-menerus membela mantannya

Adalah hal yang bagus ketika pasanganmu memiliki rasa hormat kepada mantannya. Tetapi harus ada batasnya. Ketika mereka terus-menerus membela mantan pacarnya di depanmu dan di depan teman-temannya, bisa jadi ini adalah tanda pasangan masih belum bisa move on. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here