Ngantuk setelah Makan Kangkung? Ini Penjelasannya!

Kangkung bikin ngantuk
Foto: Net

Di masyarakat banyak berkembang mitos-mitos tentang makanan. Sebagai contoh, tauge dipercaya memiliki manfaat yang besar untuk kesuburan. Ada juga yang menyebut kangkung bisa menimbulkan rasa kantuk. Benarkah demikian?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ranu Anggara, dalam bukunya yang berjudul Pengaruh Ekstrak Kangkung Darat (Ipomea Reptans Poir.) Terhadap Efek Sedasi Pada Mencit Balb/c, kangkung darat mengandung berbagai senyawa aktif. Di antaranya ada kalium dan natrium.

“Waktu SMA dulu, tiap abis makan kangkung kok ngantuk ya. Belakangan tahu kalau makan terlalu banyak, ada suatu zat dari kangkung yang bikin kita rileks,” ujar Mariska Burhan, SE., AdvDip., Diet & Health Nutrition Consultant.

| Baca juga: Ternyata Ini Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari!

Kangkung dipercaya memiliki senyawa yang seolah bertindak sebagai obat tidur. Lantaran sifatnya yang menekan susunan saraf pusat. Selain itu, kandungan kalium dalam sayuran yang biasa diolah dengan cara ditumis ini, juga dapat menyebabkan berkurangnya tekanan darah. Oleh karena itu kangkung menimbulkan efek sedasi atau menenangkan.

Sejatinya apa pun itu, memang tak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Tak terkecuali sayuran hijau macam kangkung ini. Terlalu banyak makan kangkung juga menyebabkan penyakit asam urat.

| Baca juga: 14 Makanan agar Tetap Bugar di Cuaca Ekstrem (Part 1)

Namun mengonsumsi kangkung dalam takaran normal, bisa sangat bermanfaat bagi tubuh. Sama dengan sayuran berdaun gelap lainnya, kangkung merupakan sumber serat makanan, protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C, yang pastinya diperlukan oleh tubuh. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here