Soal Sindiran Minta Lagu Harga Teman, Anji: Bukan Menuju Satu Orang

Anji dan Hadi Klarifikasi Anji
Foto: Dok. Instagram Anji Manji

Sindiran musisi Anji Manji kepada penyanyi yang minta dibuatkan lagu, tapi maunya dengan harga murah atau disebut sebagai ‘harga teman’ menyiasakan banyak tanya. Warganet menerka-nerka siapa sebenarnya penyanyi yang dimaksud oleh pelantun tembang Menunggu Kamu tersebut.

Ungkapan Anji bahwa kebiasaan oknum penyanyi yang minta harga teman itu berbanding terbalik dengan kehidupannya yang suka memamerkan barang-barang mewah di media sosialnya, dianggap sebagai petunjuk siapa si artis tersebut.

Beberapa kali terjadi. Postingannya barang-barang mewah. Minta buatin lagu. Saat dikasih harga : ‘Wah mahal banget. Harga Teman dong.’ Pernah ngobrol mendalam juga enggak, minta harga Teman. Itulah kenapa banyak Pencipta melarat hidupnya. Lagu dianggap murah,” bunyi unggahan Anji beberapa waktu lalu.

Sontak pernyataan Anji itu membuat heboh warganet. Mereka menduga-duga sosok yang dimaksud. Bahkan kali ini, nama Syahrini sempat menjadi ‘tersangka’.

| Baca juga: Anak Kecelakaan, Anji Kesal tak Boleh Hubungi Dokter yang Menangani

Untuk menepis asumsi-asumsi tersebut, pelantun Anji pun memberi klarifikasi dalam video yang diuggah di Instagram-nya. Pelantun tembang Dia itu mengaku, sindiran yang ditulis beberapa waktu lalu tersebut bukan merujuk pada satu orang saja.

“Sebenarnya dalam postingan itu saya tidak menuju pada satu orang, tapi banyak. Dan ini jadi permasalahan di industri musik Indonesia,” ucap Anji mengawal video yang dipotong menjadi tiga bagian itu.

Berkaca dari pengalamannya, Anji pun seringkali diminta untuk membuatkan lagu. Sayangnya, ketika menyangkut harga, tidak sedikit penyanyi yang menilai harga lagu Anji terlalu mahal. Padahal harga yang diajukan masih tergolong masuk akal untuk sebuah lagu.

Lebih lanjut, musisi 41 tahun itu menerangkan bahwa ide di balik proses pembuatan lagu itu lah yang menjadikannya tidak murah. “Apalah jadinya seorang penyanyi tanpa sebuah lagu,” lanjutnya.

| Baca juga: Anji Luapkan Kekesalan usai Anaknya Tantrum di Bandara

Soal mindset bahwa lagu adalah hal murah dibanding barang-barang mewah yang biasa dibeli oleh para penyanyi atau YouTuber, menurut Anji, harus benar-benar diubah.

“Sepertinya karena sistem yang membangun mindset orang-orang bahwa lagu itu murah. Inilah yang perlu diubah di dunia musik Indonesia. Pemahaman bahwa sebuah lagu itu adalah ide besar yang harus dihargai. Pencipta lagu harus dihargai,” papar suami Wina Natalia tersebut.

“Saya harap para pencipta lagu akan mendapat haknya, baik secara moral maupun ekonomi dengan lebih baik lagi,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here