Dituding Comot Ide Film India, Ini Kata Perwakilan Pihak Film ‘Parasite’

0
33
parasite-plagiat-1
Foto: YouTube

Prestasi yang dicetak oleh film Parasite memang tak henti-hentinya jadi sorotan. Di tengah segala popularitas yang didapat, film garapan sutradara Bong Joon Ho itu menghadapi tuduhan plagiarisme. Ya, Parasite dituding mencontek ide film India bertajuk Minsara Kanna. 

Produser film Tamil, P.L Thenappan yang memiliki hak cipta atas film tersebut menyatakan bakal membawa permasalahan tersebut ke ranah hukum. 

“Aku sudah menonton film Korea Selatan Parasite. Dan kupikiir mereka mencuri ide dari filmku Minsara Kanna. Aku akan menuntut ini dengan bantuan dari pengacara internasional. Mereka telah mencuri ide cerita dari filmku,” tandas Thenappan seperti dilansir dari City Times.

Sayang, Thenappan tidak membahas lebih rinci bagian film Parasite yang dianggap plagiat. Sementara itu, sutradara yang menggarap Minsara Kanna, KS Ravikumar mengaku bahagia dengan kontroversi ini.

“Aku bahagia karena cerita tersebut (Parasite) mendapatkan Oscar, bahkan jika memang itu terisnpirasi dari Minsara Kanna. Bagaimanapun jika tuntutan itu ada, itu adalah hak dari produser,” kata Ravikumar. 

Baca juga: Yang Perlu Diketahui dari ‘Parasite’, Film Korea yang Cetak Sejarah Oscar

Ketika ditanya soal tersebut, perwakilan CJ Entertainment yang memiliki hak distribusi Parasite pun buka suara. Mereka mengakui belum tahu soal tudingan itu.

“Kami tidak mengetahui tudingan plagiat dari film India. Kami belum menerima informasi mengenai masalah ini,” kata perwakilan CJ Entertainment.

parasite-plagiat
Foto: Net

Sementara itu, Minsara Kanna adalah film bergenre komedi romantis yang tayang pada tahun 1999. Karya layar lebar ini menceritakan tentang seorang laki-laki miskin yang jatuh cinta dengan perempuan kaya.

Demi mendapat restu dari orangtua, laki-laki tersebut menyembunyikan identitasnya dan bekerja di rumah sang perempuan sebagai bodyguard. Saudara-saudara laki-laki tersebut juga ikut bekerja di sana sebagai asisten rumah tangga dan koki.

Sedangkan Parasite menceritakan tentang kisah dua keluarga yang memiliki status soial berbeda. Keluarga Kim adalah keluarga miskin yang tinggal di rumah sempit. Sedangkan keluarga Park adalah keluarga kaya raya yang tinggal di rumah mewah di kawasan elit.

Baca juga: Bikin Iri! Raline Shah Pesta Bareng Pemain dan Sutradara ‘Parasite’

Keluarga Kim selalu tertimpa kesialan, hingga mereka mendapatkan kado sebuah batu keberuntungan. Dari sanalah, putra tertua mereka Ki Woo memiliki kesempatan untuk menjadi tutor anak keluarga Park.

Setelah beberapa saat, Ki Woo mulai menceritakan berbagai kebohongan hingga keluarga Park merekrut semua anggota keluarganya untuk bekerja di sana. Setelah semua berjalan lancar, keluarga Kim mulai merasa nyaman dengan fasilitas yang dimiliki keluarga Park.

Mereka menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan keluarga Park. Berbagai plot twist pun dihadirkan dengan apik dalam film ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here