Yang Perlu Diketahui dari ‘Parasite’, Film Korea yang Cetak Sejarah Oscar

0
500
fakta-film-parasite-yang-menang-oscars-2020
Foto: Amazon

Tepuk tangan meriah, bahkan teriakan selamat memenuhi gedung Dolby Theatre, Hollywood, ketika aktris senior Jane Fonda mengumumkan bahwa Parasite (2019) berhasil memenangkan katagori penghargaan paling bergengsi di Oscars: Best Picture.

Sejarah baru pun ditorahken! Parasite jadi film non bahasa Inggris pertama yang berhasil menyabet katagori penghargaan itu. Karya layar lebar garapan sutradara Bong Joon Ho itu juga jadi film Korea pertama yang memenangkan piala Oscar.

Bukan hanya satu, Parasite menang besar dan membawa pulang empat buah piala Oscars. Selain Best Pictures, Parasite memenangkan katagori Best Director, Best Foreign Language, dan Best Original Screenplay.

Tak hanya menguasai Oscars, sebelumnya Parasite juga memenangkan sederet penghargaan bergengsi, seperti Golden Globe, Screen Actor Guild (SAG) dan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA)

Berikut beberapa hal yang perlu kalian tahu tentang film Parasite yang mencuri perhatian sepanjang tahun 2019 lalu:

1. Jalan Cerita

sinonim-film-parasite
Foto: CJ Entertainment

Parasite menceritakan tentang kisah dua keluarga yang memiliki status soial berbeda. Keluarga Kim adalah keluarga miskin yang tinggal di rumah sempit. Sedangkan keluarga Park adalah keluarga kaya raya yang tinggal di rumah mewah di kawasan elit.

Baca juga: Kapten Amerika Murka dengan ‘Kebangkitan’ James Dean

Keluarga Kim selalu tertimpa kesialan, hingga mereka mendapatkan kado sebuah batu keberuntungan. Dari sanalah, putra tertua mereka Ki Woo memiliki kesempatan untuk menjadi tutor anak keluarga Park.

film-parasite
Foto: CJ Entertainment

Setelah beberapa saat, Ki Woo mulai menceritakan berbagai kebohongan hingga keluarga Park merekrut semua anggota keluarganya untuk bekerja di sana. Setelah semua berjalan lancar, keluarga Kim mulai merasa nyaman dengan fasilitas yang dimiliki keluarga Park.

Mereka menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan keluarga Park. Berbagai plot twist pun dihadirkan dengan apik dalam film ini.

2. Penghasilan

poster-film-parasite-2019
Foto: IMDB

Dengan budget pembuatan film sebesar USD 11,1 juta (setara dengan Rp 152 miliar), film bergenre dark comedy dan thriller ini berhasil memperoleh penghasilan lebih dari 15 kali lipat, yaitu USD 167 juta (setara dengan Rp 2,2 triliun).

3. Sutradara

sutradara-parasite-bong-joon-ho
Foto: The Wrap

Parasite adalah film ke tujuh dari sutradara Bong Joon Ho. Karya-karya pria 50 tahun ini memang identik dengan film genre dark comedy, thriller dengan detail yang menegangkan. 

Sebelum sukses dengan Parasite, karya Joon Ho yang bertajuk Okja (2017) dan Snowpiercer (2013) juga sempat jadi pusat perhatian. Kritik terhadap isu-isu panas juga jadi pesan yang selalu ada dalam film-film garapannya.

4. Asal Inspirasi

inspirasi-film-parasite
Foto: CJ Entertainment

“Setiap orang suka memata-matai kehidupan orang asing,” ucap sutradara Bong Joon Ho seperti dilansir dari Sky News.

| Baca juga: 8 Gaun Paling Fenomenal di Oscars 2020 Ini Wajib Diberi Tepuk Tangan

Joon Ho sendiri menceritakan bahwa dirinya dulu sempat jadi tutor matematika saat masih duduk di bangku kuliah. Tidak seperti Ki Woo, Joon Ho dipecat hanya beberapa bulan setelah bekerja. Ternyata Joon Ho tidak terlalu ahli di bidang tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here