Chacha Frederica Ajak Para Ibu Waspadai Bengkak Abnormal saat Hamil

chacha-frederica-soal preeklamsia
Foto: Dok. Instagram Chacha Frederica

Preeklampsia jadi momok menakutkan bagi ibu hamil. Pasalnya, komplikasi yang rentan terjadi pada ibu hamil itu, bisa berdampak fatal. Tidak hanya pada ibu, tapi juga bayi yang dikandungnya.

Itu pula yang pernah terjadi pada artis Irish Bella. Perempuan yang akrab disapa Ibel itu harus kehilangan dua bayi kembarnya akibat preeklampsia. Ibel tidak menyadari bahwa bengkak-bengkak yang dialaminya adalah tanda preeklampsia.

Karenanya, tanda-tanda preeklampsia harus diwaspadai sejak dini agar bisa segera diantisipasi. Ajakan itu juga dilakukan oleh Chacha Frederica yang tengah hamil 30 minggu. Melalui media sosialnya, Chacha menyarankan para ibu hamil untuk rutin mengecek darah agar gangguan itu bisa diantisipasi.

|Baca juga: Chacha Frederica Rasakan Lemahnya Mengandung Anak Pertama

“Preeklamsia itu bisa dibilang kayak bengkak-bengkak abnormal atau yang tidak wajar yang biasanya ada di tangan, wajah atau kaki pada saat kehamilan. Nah, aku mau tes darah dan sekarang usia kehamilanku udah masuk 30 minggu. Tapi nggak papa (tidak cek darah di usia kandungan 20 minggu, red) karena ini kehamilan pertama aku,” ungkap Chacha.

“Ibu yang baru hamil pertama, biasanya memang nggak tahu apakah punya risiko preeklampsia atau nggak. Karena itu, sebaiknya segera dicek. Sekarang ada program yang bisa kita ambil untuk mengecek apakah kita punya kecenderungan preeklampsia atau nggak,” imbuh istri Dico Ganindito itu.

|Baca juga: Yuk, Contek Teknik Makeup Simpel ala Chacha Frederica

Untuk diketahui, preeklampsia adalah suatu keadaan abnormal pada ibu hamil yang biasanya ditemukan pada usia kehamilan 20 minggu. Pada penderita preeklampsia, dinding pembuluh darah akan menyempit, sehingga aliran darah tidak bisa masuk secara masksimal ke dalam plasenta.

Kondisi itu tentu sangat berbahaya bagi ibu hamil. Penderita preeklamsia biasanya memiliki gejala pembengkakan yang tidak wajar di telapak tangan, wajah dan kaki, yang tidak bisa hilang meski sudah beristirahat selama 12 jam. Tekanan darahnya pun menjadi tinggi, serta kepala akan terasa sangat pusing. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here