Perlukah Alat Pembersih Wajah? Ini Kata Dokter Spesialis Kulit

0
407
apakah-perlu-menggunakan-alat-pembersih-wajah
Foto: ESR

Bukan lagi hanya menggunakan tangan, belakangan ini publik begitu hobi membersihkan wajah menggunakan alat. Mulai berbentuk spons, sikat hingga massager elektrik.

Banyak yang mengatakan bahwa alat tersebut bisa membersihkan wajah dengan lebih baik dan maksimal. Di sisi lain, tidak sedikit pula yang mengklaim bahwa alat pembersih wajah bisa membuat kondisi kulit memburuk. Lalu apakah alat bantu pembersih wajah ini sebenarnya perlu? 

Seorang dokter spesialis kulit asal New York, Dendy Engelman memberikan jawabannya. Dalam video episode terbaru Derm Reacts Harper’s Bazaar, Engelman menjawab pertanyaan dari seorang netizen yang penasaran soal alat pembersih wajah.

“Apakah sikat pembersih/kain untuk pembersih wajah itu perlu? Bisakah kalian mencuci wajah di shower?” begitu bunyi pertanyaan dari seorang netizen.

Baca juga: 6 Parfum Melaney Ricardo Ini Harganya Tak Sampai Satu Juta Rupiah

Engelman mengatakan kalau mencuci wajah di shower itu tidaklah masalah. Menurutnya, membersihkan wajah itu tidak harus menggunakan alat bantu.

“Ya kalian bisa mencuci wajah di shower dan tidak perlu menggunakan sikat pembersih atau alat-alat lainnya,” ujar Engelman.

Baca juga: 7 Langkah Praktis Lakukan Perawatan Wajah dari Rumah

Perempuan yang bekerja di Metropolitan Hospital, New York, itu menambahkan kalau sebenarnya dokter kulit pun tidak terlalu yakin untuk merekomendasikan pasiennya menggunakan alat pembersih wajah. Sebab, alat tersebut justru bisa membuat kulit iritasi.

“Banyak orang, khususnya dokter spesial kulit, yang sudah banyak menangani orang dengan kulit sensitif sebenarnya agak ragu untuk merekomendasikan alat-alat pembersih wajah karena bisa membuat (meningkatkan peluang) kulit iritasi,” tambahnya. 

“Jadi, jika kalian sudah puas dengan mencuci muka di shower dan itu bekerja dengan baik, tidak timbul jerawat atau breakout atau masalah kulit lainnya, maka lanjutkan untuk melakukan itu,” imbuhnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here