Fatma Foundation Jemput Bola Bantu Wanita Penderita Kanker

0
54
Fatma Foundation
Foto: Catur/Nyata

Bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari ini, diresmikan pula sebuah yayasan peduli kanker di Surabaya. Yayasan Citra Fatma Wanita, atau yang dipopulerkan dengan nama Fatma Foundation ini, di dirikan oleh Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, istri Wagub Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf.

Bertempat di Perumahan The Gayungsari Regency Surabaya, sekelompok ibu telah berbondong-bondong sejak pukul 07.30 WIB. Kehadiran mereka tak lain demi mendapat pemeriksaan gratis pap smear dan payudara, yang mana menjadi rangkaian agenda peresmian Fatma Foundation.

Baca juga: 6 Mitos dan Fakta Disfungsi Ereksi yang Perlu Diketahui

Selama mendampingi sang suami sebagai Wagub Jatim, Fatma akhirnya mengetahui jika jumlah penderita kanker serviks dan payudara semakin meningkat. Hal itu yang kemudian menggerakkan hatinya, untuk mendirikan yayasan peduli kanker.

Fatma Foundation
Foto: Catur/Nyata

“Visi misi kami memberikan perlindungan, bantuan, dan pelayanan masyarakat. Baik di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Ini (Fatma Foundation) juga sebagai sumbangsih kami, setelah menjadi pengabdi negara selama 10 tahun,” papar wanita yang juga menjadi Ketua Umum Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW) Jatim.

Baca juga: Mengenal Penyakit ALS, Penyebab Kematian Kreator SpongeBob

Fatma Foundation telah menyiapkan satu unit bus, yang difungsikan sebagai mobil kesehatan. Di dalamnya dilengkapi alat-alat medis, serta dua kursi obgyn. Nantinya bus tersebut akan menjemput bola, membawa para ahli medis pada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam program 100 hari, bus milik Fatma Foundation ini akan berkeliling ke sejumlah titik yang telah ditentukan, untuk memberikan penyuluhan pada minimal 100 wanita, di tiap lokasi. Tidak hanya itu, diberikan pula pemeriksaan gratis pap smear dan payudara, pada 50 wanita di tiap titik.

Fatma Foundation
Foto: Catur/Nyata

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Fatma, dan diserahkan pada dua survivor kanker serviks dan payudara. Nasi tumpeng dimaknai sebagai tumindak sing lempeng, yang berarti segala tindakan harus lurus. Sehingga diharapkan, kebaikan akan selalu menyertai.

Baca juga: Dul Jaelani Kirim Pesan Haru untuk Maia Estianty dan Ahmad Dhani

Sementara, prosesi peresmian Fatma Foundation ditandai dengan pemotongan untaian bunga melati, pecah kendil dan penyiraman bunga setaman di area bus Fatma Foundation.

Fatma Foundation
Foto: Catur/Nyata

Terlihat hadir para tokoh, seperti salah satunya artis yang kini menjadi anggota DPR RI, Arzeti Bilbina. Serta dua orang spesial, yakni ibunda Gus Ipul, Nyai Hajjah Sholihah Yusuf Kholil, dan ibu dari Fatma, Nyai Hajjah Ainur Rohmah. (*)