Kenny Austin Beberkan Tantangan Berat Jadi Ahok

0
56
kenny-austin-di-film-ahok
Foto: Reza Wibisono/Nyata

Di film Anak Hoki, Kenny Austin berperan sebagai Basuki Tjahja Purnama (BTP). Aktor 26 tahun itu mengaku terbebani, saat memerankan tokoh kontroversial tersebut.

Apalagi ketika film ini tayang, BTP tengah jadi sorotan. Apalagi kalau bukan rencana pernikahannya dengan Puput Nastiti. Bahkan, sebagian Ahoker memboikot untuk tidak menonton film itu.

“Memerankan Ahok itu beban, apalagi kemudian ada pro dan kontra pada beliau. Tapi mau gimana lagi? Ketika film ini dibuat kan, kejadiannya tidak seperti ini. Kembali lagi aku serahkan kepada penonton,” kata Kenny Austin di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Baca juga: Foto Sandra Dewi Bareng 2 Bintang Lawas Mendadak Jadi Sorotan

Kenny mengaku, dirinya harus hati-hati agar karakter yang dimainkan tidak ‘lari’ jauh dari karakter Ahok yang asli.

“Tapi ini bukan film biopic, di mana aku harus bisa jadi Ahok. Ceritanya saja yang didasarkan pada cerita kehidupan masa muda Ahok,” tambah pria asal Medan ini.

Kenny menyatakan dirinya harus memiliki konsep, bagaimana sosok Ahok saat masih muda, ketika pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta. Minimnya kesempatan bertemu dengan Ahok, jadi kesulitan lain yang sempat dihadapinya.

Baca juga: Marissa Nasution Buka-bukaan Soal Rahasia Mata Biru Buah Hatinya

Kenny kemudian melakukan riset sendiri, dari video YouTube dan sejumlah sumber lain, yang berhubungan dengan Ahok. Dia juga banyak bertanya kepada Harry Tjahja Purnama, adik Ahok, yang juga menjabat sebagai produser film ini.

Kenny sempat bertemu langsung dengan Ahok, yang saat itu masih mendekam di Rutan Mako Brimob. Pertemuan itu terjadi, usai syuting Anak Hoki. Kala itu, Ahok sempat mengungkapkan mengenai kehidupan masa mudanya.

Pas muda biasa aja. Pak Ahok juga bilang, kalau mau tahu masa muda saya bosen, ya.  Makanya kenapa di film ini fiksi? Ya karena ada karakter Daniel dan Bayu supaya jadi lebih fun,” ucap Kenny.

Baca juga: 6 Gaun Terbaik BRIT Awards 2019 Ini Wajib Diapresiasi

Dalam pertemuan itu, Kenny melihat perbedaan karakter Ahok. Ia mengatakan, jika melihat di tayangan televisi, Ahok kadang terlihat begitu galak.

“Waktu ketemu Pak Ahok dia orangnya suka bercanda. Beda sama di televisi. Sama semua orang ramah banget,”  kata laki-laki penyuka basket ini.

Baca juga: 10 Seleb Ini Akui Dirinya Anti Pakai Deodoran

Para penonton akan diajak untuk melihat sisi lain Ahok. Karena itu, ia tak masalah jika nantinya film Anak Hoki dibanding-bandingkan dengan A Man Called Ahok (2018).

“Film ini lebih ke fun, bukan yang serius banget, tidak ada hubungan sama politik. Jadi, ini lebih nunjukin sisi loveable-nya Ahok sih,” tutup Kenny. (*)