YKI Jatim Tingkatkan Kesadaran untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

0
33
Deteksi dini kanker serviks
Foto: Adie Wiratmo/Nyata

Pemandangan tak biasa terlihat di Jl. Mulyorejo Indah I nomor 8 Surabaya, Minggu (24/2) kemarin. Ya, bangunan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jawa Timur itu, telah ramai sejak pukul 08.00 WIB. Para ibu berbondong-bondong mengikuti penyuluhan, seputar deteksi dini kanker serviks.

Together We Serve, menjadi tajuk yang dibawa dalam acara tersebut. Bukan penyuluhan saja yang diberikan oleh para dokter. Tapi peserta juga mendapatkan pemeriksaan secara gratis, dari Dr. dr. Amang Surya P., SpOG, dr. Frans OH Prasetyadi, SpOG (K), dan dr. Benny Arifin, SpOG.

Baca juga: Fatma Foundation Jemput Bola Bantu Wanita Penderita Kanker

Dr. dr. Hendrian D. Soebagjo, Sp.M., selaku Wakil Ketua YKI Jatim mengatakan, di bulan kanker ini pihaknya ingin meningkatkan kesadaran wanita Indonesia. Utamanya perihal kanker serviks yang dapat disembuhkan, jika telah terdeteksi sejak dini.

“Untuk itu, selagi di sini ada dokter-dokter ahli, silakan ibu-ibu tanyakan apa saja,” ucap Hendrian dalam sambutannya.

Deteksi dini kanker serviks
Foto: Adie Wiratmo/Nyata

Baca juga: 10 Tips Hidup Sehat untuk Hindari Disfungsi Ereksi

Dari 100 peserta, mereka secara bergantian mengikuti penyuluhan dan konsultasi dengan dokter. Adapula yang menjalani tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan USG empat dimensi, yang didukung oleh alat-alat dari PT. Mulya Husada Jaya.

Pada kesempatan yang sama, Puspita Dewi Prijadi, Presiden Direktur PT. Matahari Sakti memberikan donasi kepada YKI Jatim, dan Yayasan Rotary Club of Surabaya Jembatan Merah.

Deteksi dini kanker serviks
Foto: Adie Wiratmo/Nyata

Nantinya, YKI Jatim akan memiliki rumah singgah, dengan total 54 kamar. Tempat tersebut akan dihuni oleh para penderita kanker yang tidak mampu, atau tidak punya rumah.

Deteksi dini kanker serviks
Foto: Adie Wiratmo/Nyata

“YKI ini non waralaba, bisa dilihat keuangannya. Pengurus sifatnya hanya membantu. Ibaratnya YKI ini dari kita untuk kita. Saya yakin sesuatu yang baik, akan dibalas dengan kebaikan,” pungkas Hendrian. (*)