Musim Hujan Datang, Yakin Sudah Siaga Cegah Demam Berdarah?

0
1335
Foto: Getty Images

Datangnya musim penghujan, cenderung menjadi pemicu datangnya penyakit endemik seperti demam berdarah. Jenis penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini, biasanya diawali dengan serangan demam.

Dengan meningkatnya suhu tubuh (di atas suhu normal 37,5 derajat Celcius), demam juga bisa beriringan dengan tubuh berkeringat, menggigil, mual, nyeri, dan sakit kepala. Hal tersebut pastinya menimbulkan ketidaknyamanan, baik untuk bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

Baca juga: Waspadai Timbulnya Gejala Demam Saat Musim Hujan

Jangan panik, percayakan pada ByeBye-FEVER. Dengan hidrogel sejuk yang bekerja 8-10 jam, ByeBye-FEVER menjadi solusi praktis pertolongan pertama ketika demam melanda. Sebagai pelopor brand kompres demam di Indonesia, ByeBye-FEVER juga menjadi brand terpercaya, dan andalan para ibu ketika si kecil demam.

Untuk membantu mengatasi demam, bisa juga dengan menjaga tubuh terus terhidrasi dengan baik. Diikuti dengan banyak beristirahat di tempat tidur, demi mengurangi pusing, serta gejala lain yang mengikuti.

Jika tak kunjung membaik, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter. Karena, bisa saja demam tersebut menjadi pertanda, bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melawan virus atau bakteri yang masuk.

Baca juga: I Am Gifted! Camp Asah Potensi Anak Jadi Gemilang

Selain itu, baiknya kita lakukan juga tindakan pencegahan demam berdarah. Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, seperti membersihkan bak mandi seminggu sekali. Perhatikan perabotan rumah tangga yang menampung air, tidak menumpuk atau menggantung baju terlalu lama, memasang kasa nyamuk dan gunakan penolak nyamuk (lotion atau semprot).

Selain itu, kerja bakti serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga jadi hal yang penting. Mulai dari membersihkan saluran air, sampah-sampah, hingga rumput yang merambat. (*)