Pangeran Harry Raih Penghargaan, Ibunda Tillman Menentang

Pangeran Harry dan Mary Dannie Tillman. (Foto: Getty Images)
Pangeran Harry dan Mary Dannie Tillman. (Foto: Getty Images)

Penghargaan Pat Tillman 2024 yang akan dianugerahkan kepada Pangeran Harry, dianggap tak tepat sasaran. Hal itu disampaikan langsung melalui pernyataan Ibunda mendiang Pat Tillman, Mary Dannie Tillman, tak lama setelah pengumuman dari ESPN, pada hari Kamis (27/6).

Mary Dannie Tillman adalah ibunda Pat Tillman, pemain NFL yang gugur saat mengabdi sebagai prajurit dan namanya dihormati melalui penghargaan tahunan tersebut.

Mary mengaku terkejut setelah mengetahui Pangeran Harry ditunjuk untuk menerima penghargaan yang memakai nama anaknya itu.

Mary memandang bahwa Harry tak pantas untuk menerima penghargaan itu. Sebab, dirinya menilai Harry merupakan sosok yang cukup kontroversial.

“Saya terkejut mengapa mereka memilih individu yang kontroversial dan pemecah belah untuk menerima penghargaan tersebut,” ucap Mary.

| BACA JUGA : Berjasa dalam Olahraga, Pangeran Harry Bakal Raih Patt Tillman Award

Menurut Mary, Duke of Sussex itu tak cocok untuk menerima penghargaan. Sebab ia memiliki hak istimewa untuk melakukan segala sesuatu dengan sumber daya besar yang ia miliki. Orang-orang yang bekerja di komunitas veteran, kata Mary, jauh lebih cocok menerima penghargaan tersebut.

Pat Tillman bermain untuk Arizona Cardinals sebelum mendaftar di militer. (Foto: AP)
Pat Tillman bermain untuk Arizona Cardinals sebelum mendaftar di militer. (Foto: AP)

“Ada penerima yang jauh lebih cocok. Ada individu yang bekerja di komunitas veteran yang melakukan hal-hal luar biasa untuk membantu para veteran,” ujar Mary.

“Orang-orang ini tidak memiliki uang, sumber daya, koneksi, atau hak istimewa seperti yang dimiliki Pangeran Harry. Saya merasa bahwa orang-orang seperti itu harus diakui,” tambahnya.

Pangeran Harry ditunjuk sebagai pemenang Pat Tillman Award lantaran jasanya mengadakan ajang olahraga Internasional Invictus Games, untuk para untuk para prajurit yang cedera karena tugas maupun perang.

Pangeran Harry sendiri sempat berada dalam Angkatan Darat Inggris selama 10 tahun. Ia meluncurkan Invictus Games pada 2014, satu tahun sebelum mengundurkan diri dari tugasnya di militer.

| BACA JUGA : Pangeran Harry Dituduh ‘Hancurkan Bukti’ Kasus Peretasan HP

Sementara penghargaan Pat Tillman pertama kali ditetapkan pada tahun 2014, yakni sepuluh tahun setelah Tillman yang bermain di Kardinal Arizona (club American Football) tewas dalam pertempuran di Afghanistan 2004.

“Dia selalu ingin mencoba melakukan hal yang benar, bukan berarti dia selalu melakukan hal benar, tetapi ia mencoba, dan dia membela teman-temannya setiap kali mereka dalam masalah,” kata Ibunda Tillman, Mary.

Mary bukanlah satu-satunya orang yang menyuarakan rasa tidak sukanya terhadap pilihan ESPN. Seorang analis olahraga populer, Pat McAffre, juga mengkritik keputusan tersebut melalui acaranya sendiri.

| BACA JUGA : Disebut Idiot, Pangeran Harry Diejek Anak John Lennon

“Ketika Anda melakukan hal seperti ini, Anda tahu reaksi langsung dari manusia dan penggemar olahraga serta orang-orang yang memiliki akal sehat,” ucap McAffre. Belum ada komentar dari ESPN dan Pangeran Herry terkait kontroversi yang terjadi.

Pangeran Harry dijadwalkan menerima penghargaan tersebut pada 11 Juni mendatang. Ia akan menyusul para penerima penghargaan tersebut dalam 4 tahun terakhir, seperti petinju professional Kim Clavel (2020), pesepakbola tim nasional Inggris Marcus Rashford (2021), Pensiunan Sersan Mayor Komando Angkatan Darat AS Gretchen Evans (2022), dan Staf Pelatihan Buffalo Bills (2023). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here