7 Kali Lebaran di Sydney, Tahun Ini Acha Septriasa Balik Indonesia

Acha Septriasa. Foto: Dok. Instagram @septriasaacha
Acha Septriasa. Foto: Dok. Instagram @septriasaacha

Sejak menikah dengan Vicky Kharisma pada tahun 2016 lalu, Acha Septriasa langsung memutuskan pindah dan menetap di Sydney, Australia. Mengikuti suami yang bekerja di sana.

Tinggal di negeri orang, otomatis Acha harus rela berjauhan dengan keluarga. Termasuk merayakan hari-hari besar seperti lebaran Idulfitri.

Acha telah merayakan lebaran Idulfitri sebanyak tujuh kali di sana. Tak seperti di tanah air, tradisi Lebaran di negeri orang tentu sangatlah berbeda.

Apalagi jumlah masyarakat muslim di Australia tak terlalu besar seperti Indonesia. Meskipun setiap tahunnya, Acha selalu merayakan lebaran dengan beberapa orang Indonesia yang ia kenal atau jumpai di sana.

| Baca Juga: Acha Septriasa: Setelah Nikah Kamu Gak Punya Privasi Apapun Lagi

“Biasanya kami ke rumah kawan-kawan di sini yang open house. Sahabat kami biasa open house dan kita saling membawa makanan khas lebaran dari rumah masing-masing,” ujar Acha.

Sebenarnya masyarakat muslim di sana cukup kompak walaupun banyak yang tak saling mengenal. Namun saat Idulfitri tiba, semuanya membaur menjadi satu.

Menurut Acha, terdapat tiga masjid besar di Sydney. Dan saat Idulfitri, masjid tersebut penuh dengan umat muslim dari seluruh negara yang akan melaksanakan sholat Ied.

Sholat Ied sendiri di mulai pada pukul 07.30 hingga pukul 09.00 waktu setempat. Bersama suami dan anaknya, Acha pun rutin untuk melakukan sholat Ied.

| Baca Juga: Acha Septriasa Terlibat Cinta Segitiga di Film Suami Yang Lain

“Seperti biasa ada ceramah dalam bahasa Inggris. Suasananya Meriah. Jadi kita saling memberi selamat. Dan anak-anak kecil banyak mendapat hadiah di masjid berupa goodie bags berisi snack. Ada yang bagi-bagi nasi kuning juga dan lemper atau rendang,” ungkap Acha.

Usai sholat Ied, semua langsung disibukan dengan agenda Lebaran masing-masing. Biasanya, Acha dan suaminya memilih untuk mampir ke toko kue untuk membeli makanan yang akan mereka suguhkan kepada tamu-tamu yang hadir.

“Ada yang breakfast di cafe dulu, cari kopi. Ada juga yang langsung ke dapur beres-beres masakan yang akan dibawa. Dan biasanya ke toko Kue, beli dessert buat Rantang bawaan. Pokoknya halal bihalal di mulai dari jam 11 siang sampai 5 sore,” beber Acha.

Khusus untuk tahun ini, Acha mengaku akan merayakan lebaran bersama orang tuanya di Indonesia. Acha mengaku akan pulang ke Indonesia sebelum berlibur ke Eropa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here