Bintang Film “Romeo & Juliet 1968” Gugat Paramount Rp7 Miliar Atas Pelecehan Anak

Foto: Dok. Shutterstock

Dua bintang utama film Romeo & Juliet 1968, Olivia Hussey dan Leonard Whiting mengajukan gugatan kepada Paramount Pictures. Gugatan tersebut terkait adegan telanjang keduanya di film tersebut. Laporan itu kemudian diajukan pada hari Jumat di Pengadilan Tinggi Santa Monica di California.

Saat syuting film tersebut, usia Olivia dan Leonard masih belia yakni 15 dan 16 tahun. Menurut keduanya, adegan di kamar tidur dimana lekuk tubuh seperti bokong dan payudara mereka terlihat, hal tersebut termasuk dalam eksploitasi seksual dan melanggar undang-undang negara bagian dan federal.

|Baca Juga: Raja Charles III Usir Pangeran Andrew dari Istana Buckingham

Pemutaran perdana film Romeo Juliet di Paris pada tahun 1968. Foto: Dok. AP

Parahnya lagi, adegan tersebut ditampilkan tanpa sepengetahuan mereka dan kini mereka meminta ganti rugi sebesar Rp 7 miliar. Isi gugatan itu melaporkan bahwa sang sutradara, Franco Zeffirelli membujuk keduanya untuk melakukan adegan itu sambil menyebut “gambar gagal”.

Zeffirelli bersikeras tidak akan menampilkan ketelanjangan karena kedua aktor akan ditutupi pakaian dalam berwarna seperti kulit. Kedua artis yang kini berusia 72 tahun itu mengaku mengalami penderitaan mental dan emosional selama 55 tahun terakhir sejak film tersebut rilis.

Mereka juga kehilangan kesempatan kerja. Terlepas dari penampilan luar biasa mereka, Hussey dan Whiting hanya memiliki karier akting yang sangat terbatas setelah Romeo and Juliet.

Adegan yang membuat Olivia dan Leonard menggugat Paramount. Foto: Dok. MovieStore

|Baca Juga: Properti Sejarah Perfilman Amerika Dilelang! Dari Golden Ticket ‘Willy Wonka’ Hingga Gaun Marilyn Monroe

“Paramount memiliki gambar telanjang yang diperankan oleh remaja dibawah umur yang seharusnya dihapus dari awal film itu dirilis,” kata wakil para aktor, Solomon Gresen.

“Jika mereka berusia di bawah 16 tahun, Ini adalah gambar seksual eksplisit yang harus dilarang,” tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan resmi dari Paramount Picture soal ini. Seperti yang diketahui, film Romeo & Juliet 1968 mendapat pujian dari para kritikus film. Hingga Zeffirelli mendapatkan nominasi Academy Award untuk Sutradara Terbaik. Ia meninggal diusia 96 tahun. *pad/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here