4 Hal Istimewa yang Hanya Bisa Kamu Temukan di The Vinyl Chick Cafe. Wajib Coba!

Cafe tampak depan. Foto: Dok. IST

Vinyl atau piringan hitam memang identik dengan musik-musik lama. Tetapi tahukah kamu bila dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, nilai penjualan vinyl menjadi cukup tinggi. Pemicu kebangkitan vinyl tentunya dilandasi oleh para penikmat musik yang ingin mencari experience bermusik yang berbeda.

Lantas bagaimana jika musik vinyl menjadi konsep utama untuk tempat nongkrong atau cafe? Nah! Pengalaman ini yang akan kamu temukan saat mengunjungi The Vinyl Chick cafe. Tempat makan yang beralamat di Jl. Gayungsari I No.79, Gayungan, Surabaya ini menyajikan pengalaman yang unik dan fresh untuk para pengunjung. Memiliki ide untuk menggabungkan musik vinyl dengan kuliner ternyata menjadi seusuatu yang sangat menarik.

Saat ditemui Nyata pada Kamis (12/1) lalu, Co-Owner bernama Aquila Ajeng Mawarni mengaku bila ia membuka The Vinyl Chick karena suka nongkrong ke tempat-tempat yang berbau musik. Kebetulan, perempuan yang pernah tinggal di Australia itu memilki koleksi vinyl yang cukup banyak. Sehingga ada keinginan dalam benaknya untuk mengenalkan musik analog kepada khalayak umum. Tidak sendirian, ia ditemani oleh partnernya yang sama-sama memilki ketertarikan pada musik vinyl.

“Musik-musik yang menjadi koleksi kita ini, terus kita buat dalam wadah sebuah cafe,” kata Aquila kepada Nyata.

Melihat vinyl yang kini kembali eksis dikalangan milenial, Aquila dan rekannya akhirnya membuka The Vinyl Chick pada Oktober 2022 lalu. Sudah berjalan selama tiga bulan, The Vinyl Chick makin populer di Surabaya. Pelanggan akan merasakan pengalaman yang seru saat mengunjungi cafe ini.

|Baca Juga: Bingung Isi Akhir Pekanmu? Yuk Coba Pottery Class yang Seru

1. Mengenal musik Vinyl

Koleksi piringan hitam di The Vinyl Chick Cafe. Foto: Dok. Instagram @thevinylchick_

Di Surabaya sendiri cafe yang fokus memakai konsep vinyl masih sangat jarang untuk ditemui. Oleh sebab itu Aquila dan rekannya bertekad untuk membuka bisnis yang menjanjikan ini. Bila di cafe lain hiburan yang kerap ditampilkan adalah live music, di The Vinyl Chick justru menyetel musik dengan turntable piringan hitam. Jadi pengunjung full akan mendengarkan musik analog dan sama sekali tidak ada musik digital.

“Menurut saya, banyak komponen dalam vinyl itu yang gak akan kamu dapetin di dalam digital platform,” jelas wanita 27 tahun itu.

Bagi kamu yang tidak terlalu tahu soal musik analog jangan khawatir, karena cafe ini mengusung tagline “You Don’t Have To Be an Audiophile To Be Here”. Yang artinya, kamu tidak harus mengerti tentang musik dan alat berkualitas tinggi, karena di The Vinyl Chick kamu akan diajari dan belajar langsung untuk lebih mendalami musik vinyl. “Tujuan kami membuka ini agar orang banyak mengenal tentang dunia analog, namun memang kami kemas sebaik dan semodern mungkin,” imbuh Aquilla.

Nah pengalaman unik lainnya saat mengunjungi The Vinyl Chick adalah kamu bisa bebas request lagu yang kamu suka. Tak usah ragu untuk merequestnya karena mereka memiliki lebih dari 400 koleksi piringan hitam dengan berbagai genre musik. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengscan barcode yang ada di dinding cafe untuk melihat vinyl list mereka, bila kamu sudah memutuskan lagu yang kamu suka, maka barista dengan senang hati akan menyetelkannya untukmu.

2. Menu yang variatif

Beberapa menu yang bisa kamu pesan. Foto: Dok. IST

The Vinyl Chick memiliki menu yang bervariasi. Mereka menggabungkan makanan western dan lokal dengan harga yang cukup terjangkau. Dalam setiap bulannya, mereka akan mengeluarkan menu baru yang bisa kamu coba. Selain itu, mereka juga memiliki mocktail dengan resep pribadi yang makin memanjakan lidahmu. Bayangkan saja menikmati mocktail segar ditemani dengan alunan lagu dari piringan hitam, syahdu sekali bukan.

Bahkan uniknya, menu-menu di The Vinyl Chick diberi nama sesuai dengan judul lagu. Jadi jangan heran bila kamu menemui nama menu yang mungkin terdengar familiar di telingamu.                                                                        

Dengan range harga Rp8.000-43.000, kamu akan dimanjakan dengan suasana cafe yang private dan homy. Namun, bila kamu tidak suka keramaian, cafe ini juga memiliki ruangan VIP yang cukup luas dengan fasilitas peredam suara dan alat pemutar piringan hitam. Di VIP kamu bisa memilih lagu apapun yang kamu suka dan staff akan mengajarkan cara play vinyl langsung dari alatnya. Kamu hanya perlu memesan makanan dan minuman dengan minimum purchase sebesar Rp250.000 untuk 1-3 orang, bila lebih dari itu setiap orang akan dikenakan additional pax senilai Rp75.000 saja. Ruangan VIP sendiri bisa menampung kapasitas sebanyak enam orang, tetapi jika kamu ingin membawa lebih banyak teman ada baiknya kamu reservasi dulu di nomor yang telah disediakan (terlampir di bawah artikel, red). Dengan harga yang ramah di kantong, kamu bebas menikmati fasilitas yang disediakan.

|Baca Juga: Para Vegetarian Wajib Merapat! Vegan Festival Terbesar di Dunia Hadir di Surabaya

3. Fine Dining Romantis

Buat kamu dan pasangan yang sedang kebingungan mencari tempat kencan romantis, kamu perlu mencoba program baru di The Vinyl Chick. Mereka akan menyedikan private dining setiap Selasa dan menyediakan table dengan kapasitas yang terbatas. Pengunjung akan merasakan sensasi yang berbeda saat private dining, karena mereka akan menikmati makanan spesial yang tidak ada di menu reguler. Kamu akan mendapatkan set menu untuk appetizer, main course, dessert dan minuman.

Tentunya tak ketinggalan, musik vinyl yang dipilih juga telah disesuikan dengan tema yang ada. Menikmati alunan musik instrumental dengan orang dicintai, maka kencanmu akan menjadi lebih istimewa.

“Kita bener-bener membuat suasana baru, cafe kita close dan lampu kita set untuk prepare pivate dining. Nanti koki juga akan menjelaskan kepada pengunjung tentang makanan yang disajikan. Kita akan membuat intimacy itu ke level yang lebih tinggi,” ungkap Aquilla.

4. Customer Service is number one

Barista dan pelanggan yang saling berinteraksi. Foto: Dok. IST

Mengutamakan beberapa elemen penting seperti musik, conservation, intimacy, experience dan hidangan, maka tak heran bila The Vinyl Chick memiliki rating yang tinggi di Google review. Pengunjung akan dibuat betah berlama-lama karena mereka mementingkan pelayanan terhadap pelanggan. Buat kamu yang sendirian, kamu bisa duduk di area bar dan barista akan mengajak kalian untuk mengobrol soal musik yang mereka punya.

Nah buat kamu yang memiliki vinyl tetapi tidak memiliki alat untuk mendengarkannya, kamu bisa meminta tolong kepada The Vinyl Chick untuk memutarkannya. Ini merupakan salah satu experience yang tidak bisa kamu temukan di cafe yang lain.

“Cafe kita ini gak hanya menawarkan makanan minuman saja, tetapi kita memberikan wadah untuk pegunjung yang ingin memutar vinyl milik mereka. Para barista juga kami latih soal musik agar mereka bisa sharing kepada customer, Ya karena The Vinyl Chick memang seintimate itu,” imbuhnya.

Nah biar gak ketinggalan info soal promo di The Vinyl Chick, kamu bisa follow akun sosial media mereka di Instagram @thevinylchick_ dan akun TikTok @thevinylchick_. Kalau ingin bertanya lebih jauh lagi, kamu bisa menghubungi nomor +6281234157979 untuk melakukan reservasi. Have a great time!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here