Viral Kisah Tragis Di Balik Kartun Upin dan Ipin. Ternyata Ini Faktanya

Foto: Dok. Twitter

Kartun anak-anak Upin Ipin kali ini buat heboh publik. Bagaimana tidak, seorang pengguna akun TikTok @bang_alonk3110 mengunggah sebuah video dua makam anak-anak yang saling besebelahan. Terlihat makam tersebut diberi keramik berwarna biru dengan ukiran dibatu nisan bertuliskan Upin & Ipin.

Upin dan Ipin adalah kartun anak-anak dari Malaysia yang tokohnya adalah anak kembar yatim piatu. Mereka berdua tinggal dengan nenek dan kakak perempuannya, Ros.

Kisah kartun ini lebih berfokus kepada cerita anak-anak yang menghibur dan sarat akan makna. Namun, saat video makam itu viral tentu banyak netizen yang mempertanyakan mengenai fakta dibalik animasi hits ini.

Foto: Dok. Twitter

|Baca Juga: Peduli Difabel, NUSSA dan Kitabisa Ajak Masyarakat Berdonasi Online

Akun TikTok tersebut memberikan pernyataan jika akhirnya dia mengetahui fakta mengapa Upin & Ipin digambarkan sebagai anak TK.

“Akhirnya tidur nyenyak. Pantesan enggak pernah gede, ternyata ceritanya berdasarkan khayalan Opah (nenek, red) 10 tahun lalu,” ungkap pemilik akun

Dalam video itu nampak makam bernama Upin meninggal pada 6 Agustus 1995, sedangkan Ipin menyusul di tanggal 2 April.

Banyak sekali kejanggalan yang ada pada unggahan tersebut, karena bikin heboh akhirnya pihak produksi Upin Ipin di Malaysia angkat bicara.

Studio produksi Les Copaque Malaysia memberikan pernyataan jika Upin Ipin adalah cerita fiksi semata.

“Semua cerita Upin dan Ipin adalah fiksi semata dan cerita ditulis sepenuhnya oleh Les Copaque Production. Sama sekali tidak diambil atau terinspirasi dari kisah siapapun yang masih hidup ataupun yang telah tiada,” tulis pihaknya yang diunggah di Twitter pada (17/1)

Pihaknya turut menambahkan “Ide Cerita Upin & Ipin berasal dar Hajah Ainon yang juga pengisi karakter Opah. Setiap cerita yang ditulis bukan saja mudah dipahami tetapi juga sarat akan makna yang bermanfaat,”

Hajah Ainon Foto: Dok. Twitter

|Baca Juga: 5 Bahan Diskusi Keluarga Usai Menonton NUSSA

Tidak sampai situ saja, keviralan makam Upin & Ipin itu menimbulkan banyak spekulasi dari warganet. Mereka mengira jika sebenarnya Upin & Ipin meninggal bersama orang tuanya akibat kecelakaan. Jadi bisa dibilang, Upin & Ipin hanya khayalan dari Opah.

Hal ini juga dibantah langsung oleh tim produksi, mereka berdalih jika Upin & Ipin menjadi yatim piatu karena saat itu mereka sedang kekurangan Tenaga kerja.

” Saat Upin & Ipin Season 1 tayang di TV9, itu hanyalah proyek sampingan, karena terbatasnya waktu dan kurangnya tenaga, tidak ada karakter baru yang diproduksi, jadi Les Copaque memutuskan untuk menjadikan Upin & Ipin yatim piatu,” pernyataan pihak produksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here