Rumah Masa Kecil Ratu Elizabeth II Dibom!

Ratu Elizabeth Alexandra Mary
Dok. Instagram

70 tahun lamanya Ratu Elizabeth menduduki tahta. Ratu yang belakangan ramai diperbincangkan karena memecat anaknya dari kemiliteran Inggris dan mencopot gelar ‘Yang Mulia’ ini mulai membuat penasaran orang-orang. Seperti apa kehidupannya di masa lalu.

Baru-baru ini sempat mencuat kabar rumah masa kecil Ratu Elizabeth yang menjadi misteri. Benarkah kini rumah itu telah dibom dan berganti jadi restoran Cina?

Ratu Elizabeth kecil, dilahirkan pada 21 April 1926, di sebuah rumah sederhana di tengah kota London, dari rahim Elizabeth Bowes-Lyon. Tepatnya di jalan Bruton No. 17, Mayfair.

Kelahirannya jauh dari kata mewah, ia tak pernah diprioritaskan sebagai seorang ratu. “Ini pengingat bagaimana keluarga kerajaan tidak mewah, pada masa itu. Uang adalah masalah, Robert Lacey, sejarawan kerajaan berkata pada BBC.

ratu elizabeth kecil
Elizabeth Bowes-Lynn (depan) bersama suster yang menggendong Ratu Elizabeth II kecil. Foto: Dok. BBC

| Baca juga: Ratu Elizabeth Copot Gelar Pangeran Andrew Gara-Gara Skandal Pelecehan

Beberapa minggu setelah dilahirkan ia pindah ke rumah Kakek-Neneknya, bangsawan Inggris-Skotlandia. Lama ditinggalkan kabarnya rumah kelahiran Ratu sudah musnah akibat serangan bom selama Perang Dunia II. Namun sumber lain, yakni dokumen Perpustakaan British mengatakan pada abad ke-18 rumah tersebut sudah tak ada bahkan sebelum perang terjadi.

Di tahun 1937 seorang pria diketahui telah menggusur rumah di Jalan Bruton No. 17 dan bangunan sekitarnya hingga Berkeley Square. Saat itu juga Elizabeth Alexandra Mary kecil pindah ke istana Buckingham. Ayahnya dinobatkan sebagai George VI setelah kakaknya Edward VIII turun tahta dan akan menikahi janda Amerika, Wallis Simpson, yang nahas malah selingkuh dengan penjual mobil, Guy Marcus Trundle.

| Baca juga: Gemes Banget! Diam-Diam Ratu Elizabeth Punya Akun Facebook Rahasia. Apa Namanya?

Menurut sumber terpercaya, rencananya rumah yang digusur pria bertopi tinggi dan bermantel panjang itu akan dijadikan sebuah hotel Canadian Pacific Railway, namun ternyata malah dibuat pusat perkantoran dan ritel.

Kejadian ini sungguh miris, menggambarkan betapa masa-masa itu tak ada yang peduli terhadap warisan budaya. Padahal rumah tersebut adalah tempat ibu dan ayah Ratu Elizabeth II menikah pada April 1923. Sempat dihuni oleh menteri angkatan udara, selanjutnya di tahun 1939 rumah di jalan Bruton No. 17 telah berganti menjadi Barkeley Square House.

Kini jalan Bruton No. 17 menjadi alamat Restoran Hakkan, sebuah restoran Cina yang terletak diantara perkantoran. Kabarnya lokasi rumah tersebut telah dimiliki keluarga kerajaan Abu Dhabi sebagai bagian dari properti London dan memiliki taksiran harga senilai 5 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 97 triliun. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here