Mitos Mata Kedutan. Benarkah Tanda Keberuntungan?

Foto: Dok. FreeImages

Sebenarnya ada banyak mitos mengenai mata kedutan. Ada beberapa yang mempercayai jika mata kedutan adalah tanda akan datangnya keberuntungan, tetapi ada juga yang mempercayai jika pertanda akan datangnya musibah. Jadi benarkah mata kedutan memang sebuah pertanda? Ataukah hanya mitos belaka? Ini dia faktanya.

Di Indonesia sendiri ada orang yang mempercayai jika mata kedutan di bagian kanan maka pertanda baik, jika di mata kiri maka pertanda buruk. Ada juga yang percaya jika kedutan di mata kiri ada pertanda ingin mempertemukan kita dengan saudara jauh.

|Baca Juga: Bintik Putih pada Kuku, Benarkah Tanda Ada yang Nge-fans Kamu?

Dari Primbon Jawa sendiri, jika yang berkedut pada bagian bola mata kiri maka ini pertanda akan diberikan rezeki yang berlimpah. Keuntungan itu bisa saja didapatkan dari mana saja semisal tubuh yang sehat, uang berlimpah, atau disatukan dengan orang yang kita cintai.

Foto: Dok. FreeImages

Tapi uniknya mitos mata kedutan ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di negara lain seperti di Tionghoa jika mata kedutan maka tandanya kamu akan menangis, di India mata kedutan dianggap tidak beruntung, dan di Hawai menandakan akan datangnya tamu orang asing. Wah ternyata banyak juga ya mitos ini dimana-mana.

Sebenarnya, jika dalam ilmu medis mata kedutan disebut dengan istilah myokymia. Kondisi ini terjadi jika mata mengalami kejang secara berulang dengan periode waktu tertentu, bisa beberapa menit atau kadang berhari-hari.

|Baca Juga: 6 Hal Tentang Tabir Surya yang Ternyata Hanya Mitos!

Keadaan ini bisa saja dipicu dari kegiatan sehari-hari yang kita jalani seperti kurang tidur, tubuh lelah, merokok, dan mengkonsumsi alkohol. Jika mata masih berkedut maka ada baiknya jika mengistirahatkan diri sendiri dengan cara tidak begadang dan mengubah pola makan.

Selain penyebab diatas, terkadang mata kedutan juga disebabkan oleh mata tegang yang diakibatkan terlalu sering melihat layar komputer, handphone, televisi, dan sebagainya.

Namun, dalam kasus tertentu mata kedutan juga bisa menjadi pertanda penyakit yang serius seperti gangguan otak dan sistem syaraf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here