2022 Anti Miskin, Yuk Benerin Urusan Finansial Kamu dengan Tips Ini!

financial planning 2022

Sini coba pengen lihat muka orang yang bilang uang nggak menjamin kebahagiaan. Udah 2022, masih aja pakai pepatah itu. Nanti, kalau beneran nggak ada uang, sedih, marah-marah, semua kena damprat. Kalau gitu, dimana letak bahagianya?

Ganti deh pepatah itu dengan uang nggak menjamin kebahagiaan, kalau sedikit. Kalau banyak? Ya pasti bahagia dong. Hehehe. Lagian semua itu tergantung bagaimana kamu mengaturnya. Banyak uang kalau nggak bisa ngatur juga bikin panas dingin.  

Buat Rencana dan Tujuan

Agar keuangan lebih stabil, kamu harus punya big plan selama setahun ke depan. Setelah itu breakdown satu persatu untuk tahu cara mencapainya.  Kasihlah contoh, tahun ini kamu berencana akan menikah. Maka kamu harus cari tahu bagaimana cara mendapatkan uang untuk mencapai pernikahan impianmu.

| Baca juga: Sambut 2022 dengan Mencintai Diri Sendiri, Bye-bye Stres!

Catat rencana dan tujuan besarmu di setiap tempat yang sering dijangkau, misalnya buku harian, handphone, laptop, meja kerja, pintu rumah dan kulkas. Dengan begitu kamu akan lebih fokus untuk mewujudkannya. Cara ini juga bagus dilakukan untuk kamu yang sering goyah.

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Bijak dalam mengatur keuangan salah satunya ya dengan mengetahui mana kebutuhan dan keinginan. Bagi perempuan yang sering melibatkan perasaan daripada akal sehat, pasti sulit membedakannya.

Membeli barang yang diinginkan dengan alasan self reward hampir setiap minggu dilakukan, padahal tidak kita butuhkan. Alhasil banyak barang menumpuk dan berakhir jadi sampah. Sia-sia bukan?

Maka, balik lagi, jika akan membeli suatu barang kita harus membuat daftar pertanyaan panjang. Apakah ini akan dibutuhkan atau sekedar keinginan. Kalau jawabannya dibutuhkan, tanyakan kembali apakah sifatnya darurat atau masih bisa ditunda. Bila sifatnya darurat, pertanyakan lagi apakah dana darurat saya mampu membeli barang yang dibutuhkan, dan begitu seterusnya.

Gunakan Akal Sehat, Jangan Tertipu Bujuk Rayu

Kesalahan paling umum dilakukan oleh manusia perihal finansial adalah mudah terpikat bujuk rayu. Embel-embel diskon dan cashback membuat kita membeli hal yang tidak kita butuhkan.

| Baca juga: Ingin Kaya? Tips Finansial ala Cinta Laura Ini Bisa Jadi Solusinya

Misalnya dalam promo belanja angka kembar. Pada hari itu banyak promo potongan harga dan free ongkos kirim. Secara otomatis kita akan kepincut dengan harga murahnya dan langsung checkout. Menyiasati hal tersebut, kamu bisa saja uninstal semua aplikasi online market place di handphone. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here