Mengaku Bosan, Ivan Gunawan Kapok Pelihara Boneka Arwah

Foto: Dok. YouTube

Setelah membuat heboh dengan kabar memelihara boneka arwah atau spirit doll, kini Ivan Gunawan malah kapok atas perilakunya itu. Dirinya mengaku jika sudah tidak kuat karena terlalu banyak mendapatkan hujatan dari kalangan netizen.

“Saya udah enggak pelihara boneka lagi ya karena udah buat onar, buat kalian heboh jadi saya memilih untuk tidak memelihara boneka itu lagi,” kata Ivan Gunawan pada awak media Kamis, (6/1) lalu.

Pria yang kerap dipanggil Igun ini mengaku sudah lelah mendapatkan pertanyaan tentang boneka yang sudah dianggap anaknya sendiri itu. Oleh sebab itu dirinya memberikan Miracle dan Marvel (nama bonekanya, red) kepada orang lain.

“Saya gak suka aja di tanya-tanyain ini setiap hari. Sudah saya kasih ke orang,” lanjutnya.

|Baca Juga: Mirip Banget! Ini Potret Anak Semata Wayang Ivan Gunawan

Foto: Dok. Instagram

Sebelumnya Igun sudah menyadari jika apa yang dilakukannya ini telah mengundang banyak kontroversi tetapi dia tetap kekeh jika boneka ini adalah bayinya.

Igun sendiri juga mengelak jika dirinya dituding menyekutukan Tuhan. Dia tidak pernah menyembah atau memuja bonekanya itu karena tahu jika tidak ada yang bisa didapatkan dari mereka.

“Nggak ada yang gue puja. Nggak ada yang gue dapet dari mereka. Mereka seperti orang hidup aja yang gue sayang-sayang,” terang igun kepada Nyata.

|Baca Juga: Disebut Gila Karena Perlakukan Boneka Bak Anak Manusia, Ivan Gunawan: Gua Tonjok Lu Ya!

Fenomena boneka arwah ini sudah meresahkan banyak pihak, bahkan ulama sampai psikolog sudah bereaksi terkait hal ini.

Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) “Memiliki boneka untuk tujuan main-main itu boleh, tapi kalai diisi atau dipersepsikan tempat arwah hukumnya tidak boleh memelihara makhluk halus. Kalau disembah musyrik, kalai berteman ya berarti dia berteman dengan jin,” jelas Cholil Nafis selaku Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI.

Sebelumnya, fenomena ini sudah terjadi lebih dahulu di Thailand tahun 2016 lalu dan boneka itu dinamai dengan Luk Thep atau yang berarti Anak Malikat. Nyata pernah memuat kegilaan ini pada edisi 2327, II Februari 2016 lalu.

Lalu Tabloid Nyata (cetak), kembali membahas lebih dalam tentang fenomena spirit doll ini di edisi minggu ini 2633, yang terbit setiap Kamis! Kamu bisa memesannya dengan klik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here