Tahun Baru Saatnya Mencintai Diri Sendiri. Bye-bye Stres!

self love

Sudah masuk tahun baru aja nih! Gimana persiapan kamu menghadapi tahun ini? Apakah sudah membuat resolusi? Tahu nggak ada yang tidak kalah pentingnya selain membuat resolusi, yaitu mencintai diri sendiri. Karena perasaan insecure, menekan, menyalahkan dan membandingkan diri sendiri pasti akan terus dialami oleh semua orang sampai ia mati.

Kadang, mencintai diri sendiri terlihat egois bagi sebagian orang. Sebab orang lain masih belum bisa membedakan antara self love dengan selfish. Kalau self love berarti kamu sedang menghargai dirimu sendiri dengan menunaikan hak-hak tubuh dan jiwamu. Sedangkan selfish kamu mementingkan diri sendiri tanpa memperdulikan hak orang lain. 

Lagi pula, self love itu penting lagi. Dengannya kamu bisa terhindar dari stres bahkan depresi berujung bunuh diri. Jadi yuk mulai cintai diri sendiri dari sekarang dengan melakukan langkah-langkah berikut ini!

| Baca juga: Mau Sukses? Ini 9 Pandangan Hidup Agnez Mo yang Bisa Kamu Tiru

Mengenali Diri Sendiri

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghargai diri adalah dengan cara mengenalinya. Misalnya, kamu tahu apa yang bisa membuatmu bahagia, apa yang memicu kemarahanmu, apa yang bikin air matamu keluar.

Dengan begitu kamu akan mendekati hal-hal yang membuatmu bahagia dan menghindari hal-hal yang memicu emosi negatif. Kamu bisa membuat SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat) analysis untuk memudahkannya.

Memilih Hal yang Perlu Didengar, Dilihat dan Dijadikan Teman

Pernah denger nggak pepatah yang mengatakan kamu adalah yang kamu makan atau siapa kamu tergantung orang di dekatmu?

Pepatah tersebut bener lagi, karena mau tidak mau apa yang ada di sekeliling kita secara nggak sadar bisa mempengaruhi. Jadi, agar lebih menyayangi diri sendiri, kita harus pintar memilih dan memilah. Sudah bukan zamannya lagi kamu mengatakan ‘iya’ untuk hal yang sebenarnya tidak kamu suka, melihat hal yang tidak kamu inginkan dan berteman dengan orang yang toxic karena takut dikira anti sosial.

| Baca juga: Cinta Lama Belum Kelar! Ini 8 Tanda Pacarmu Belum Move On dari Mantannya

Memiliki ‘Alarm’ untuk Diri Sendiri

Proses untuk mencintai diri sendiri itu panjang. Di tengah jalan, mungkin kamu akan menemui banyak kerikil, seperti lupa, ingin menyerah, terbawa suasana.

Maka dari itu, kamu harus memiliki alarm untuk diri sendiri dalam bentuk belas kasih. Kamu perlu mengasihani diri sendiri jika sudah merasa overwhelmed. Bagaimana caranya? memaafkan, menerima diri apa adanya dan merasa cukup dengan diri sendiri. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here