Jual Foto Selfie, Cowok Semarang Ini Raup Untung Rp13 Miliar

Foto: Dok. Twitter

Nama Ghozali Ghozalu menjadi trending topik di Twitter karena menjual foto selfie-nya setiap hari. Meskipun terlihat aneh, tapi produk jualannya itu laris sampai dirinya untung milyaran rupiah.

Foto selfienya itu dia jual dalam bentuk non fungible token (NFT) dalam koleksi kolektor digital. Ghozali rajin meng-upload potretnya setiap hari sejak usianya masih 18 tahun hingga 22 tahun saat ini. Dirinya iseng meluncurkan NFT pertamanya di Opensea dengan nama Ghozali Everyday.

Apa itu NFT? Menurut Eka B. Panuntun seorang konten kreator di Twitter menjelaskan mengenai NFT.

“Jadi, NFT itu adalah aset digital yang berisi ciri-ciri unik yg dikodekan dan disimpan di blockchain dalam bentuk kontrak (smart contracts), dan memberikan manfaat buat pemiliknya. Biasa kita sebut NFT Collector,” tulisnya

Pada dasarnya, NFT merupakan token unik yang terkait dengan manfaat digital dan berguna untuk menunjukan sebuah bukti kepemilikan dari sebuah karya yang asli.

Foto: Dok. Twitter

|Baca Juga: Dokter Ini Punya Tas Hermes Termahal di Dunia. Harganya Bikin Ketar-Ketir

Awalnya, NFT Ghozali dijual dengan harga 0.001 Ethereum atau setara Rp 45 ribu per foto. Seiring berjalannya waktu, NFT-nya viral di komunitas global yang membuat harga per fotonya kini mencapai belasan juta rupiah. Bahkan ada satu foto selfie Ghozali yang terdapat ‘penampakan’ laku terjual hampir Rp 100 Juta.

“Seseorang membeli foto menyeramkan NFT Dari sekian banyak foto yang saya ambil, ada hantu yang tidak sengaja saya ambil. Setelah kejadian itu saya selalu menengok ke belakang sebelum mengambil gambar. Apakah menurut Anda itu hantu atau hanya terlihat seperti itu tolong beri tahu saya pendapat Anda?,” katanya yang diunggah di Twitter miliknya.

Potret Ghozali yang terdapat penampakan Foto: Dok. Twitter

|Baca Juga: Foto-Foto Rumah Angker Robbie Williams yang Dijual Seharga Rp156 Miliar. Minat?

Ghozali mengaku jika dia mengunggah potret dirinya hanya untuk dokumentasi perjalanan hidupnya.

“Tujuan saya memotret diri saya sendiri selama lima tahun hanya untuk video ini dan kedepannya untuk tahun ini semoga saya bisa lulus kuliah dan bisa mengambil foto kelulusan saya, itu akan menjadi perjalanan yang keren,” tulisnya pada Rabu (12/1) lalu.

Ghozali berpesan jika fotonya yang sudah dibeli tidak disalah gunakan karena takut jika orangtuanya akan kecewa.

“Anda dapat melakukan apa saja seperti membalik atau apa pun, tetapi tolong jangan menyalahgunakan foto saya atau orang tua saya akan sangat kecewa kepada saya. Saya percaya pada kalian jadi tolong jaga foto-foto saya,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here