Ini Manusia Pertama yang Mendapat Transplantasi Jantung Babi

Foto: dok. University of Maryland School of Medicine

Pria di Amerika Serikat, David Bannet, menjadi manusia pertama yang mendapatkan trasplantasi jantung Babi.

Jantung babi tersebut telah dimodifikasi secara genetik agar sesuai dengan tubuh David. Transplantasi jantung ini dilakukan karena tubuh pria 57 tahun itu sudah terlalu parah untuk mendapatkan transplantasi jantung manusia, oleh sebab itu dokter memberikan solusi untuk melakukan cangkok organ babi.

Operasi itu berlangsung selama tujuh jam. Tiga hari pasca operasi, kondisi David kian membaik.

David Bannet Foto: dok. University of Maryland School of Medicine

|Baca Juga: Pria Asal Korea Selatan Bekukan Jasad Ibu. Alasannya Bikin Geleng Kepala

Keberhasilan ini mendapatkan pujian dari banyak orang karena dinilai metode ini adalah terobosan medis yang bisa mengubah kehidupan pasien di seluruh dunia.

Sebenarnya, tingkat resiko operasi ini sangat tinggi karena untuk kebutuhan penelitian eksperimen.

“Anda tidak akan pernah tahu apakah orang tersebut akan mati secara fatal segera setelah perawatan, tetapi anda tidak dapat melanjutkannya tanpa ambil resiko. Selama pasien memahaminya, menurut saya orang-orang harus bisa menerima eksperimen radikal ini,” kata Profesor Julian Savulescu, Ketua Uehiro In Practical Ethics di Universitas Oxford.

Bennet mengaku jika tidak ada pilihan lain yang bisa ia lakukan untuk bertahan hidup dengan penyakitnya.

“Pilih mati atau melakukan trasnplantasi ini. Saya sudah tahu ini beresiko, tetapi ini adalah pilihan terakhir saya. Saya berharap dapat bangun dari tempat tidur setelah saya pulih,” kata Bannet seharu sebelum operasi dilakukan.

Menggunakan organ hewan untuk transplantasi dalam dunia medis disebut xenotransplantasi, metode ini dianggap sebagai satu langkah lebih dekat untuk memecahkan krisis kekurangan organ.

Saat Operasi Berlangsung Foto: dok. University of Maryland School of Medicine

|Baca Juga: Miris! Anak-Anak Perempuan Afghanistan di Bawah Umur Dijual untuk Bertahan Hidup

Terhitung di Amerika ada 17 orang yang meninggal setiap hari saat menunggu antrian transplantasi organ. Ini bukan kali pertama dokter melakukan transplantasi dari organ babi

Pada Oktober 2021, dokter di Amerika Serikat mengumumkan jika mereka berhasil mentransplantasikan ginjal babi ke tubuh manusia. Ini menjadi eksperimen paling maju saat itu.

Namun, beberapa hari kemudian pasien mengalami mati otak dan tidak ada harapan untuk sembuh.

Apa yang aka terjadi dengan David Bennet masih belum jelas kedepannya. Keluarga berharap jika operasi ini benar-benar berhasil dan bisa menyembuhkannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here