5 Gaya Anti-mainstream Billy Porter di Red Carpet Ini Dramatis Banget

0
121
style-billy-porter-pakai-gaun
Foto: Getty Images/Time

Tuxedo, kemeja, celana panjang dan dasi, jadi gaya yang sudah biasa dipilih oleh para artis laki-laki untuk menghadiri sebuah ajang penghargaan. Berbeda dengan Billy Porter. Ia berani tampil berbeda dan mendobrak tatanan fashion mainstream di mana gaun selalu diidentikkan sebagai pakaian perempuan. 

Beberapa kali ia melenggang di red carpet dalam balutan gaun yang menawan. Mulai dari gaun tuxedo hitam di ajang penghargaan Oscar 2019, hingga jumpsuit hijau lengkap dnegan tato kupu-kupunya di ajang Critic’s Choice Awards 2020. 

1. Gaun tuxedo di Oscar 2019

gaun-terbaik-oscar-2019-billy porter
Foto: Gety Images/Vogue

Paling beda dan menarik perhatian! Kata-kata tersebut, pantas untuk menggambarkan penampilan Billy Porter di Oscar 2019. Ia jadi satu-satunya aktor yang mengenakan gaun di ajang penghargaan tersebut. Tuxedo yang dimodifikasi menjadi sebuah gaun ini adalah karya desainer Christian Siriano.

2. Gaun berbentuk rahim di Tony Awards 2019

gaya-billy-porter-di-tony-awards-2019-uterus-rahim
Foto: Celestino Couture/Dimitrios Kambouris/Getty Images/Hollywood Reporter

Billy kembali jadi pusat perhatian dengan gaun bentuk rahim di ajang Tony Awards 2019. Aktor yang bermain dalam serial tv Pose (2018) tersebut mengenakan outfit merah, keluaran Celestino Couture. Busana tersebut dihiasi dengan lebih dari 30.000 kristal Swarovski. 

Uniknya, gaun tersebut dibuat dari tirai backdrop, dari produksi drama musikal Kinky Boots. Drama yang mengantarkan Billy menjadi pemenang Tony Awards kategori aktor terbaik, pada tahun 2013. 

Tak hanya itu, ternyata ada pesan khusus yang ingin disampaikan Billy dengan memakai gaun tersebut. 

“Saat fitting, kami berdiskusi ingin membuat gaun dengan bentuk rahim, tapi tidak dengan jelas tentunya. Dan kupikir itu adalah ide bagus karena sekarang hak perempuan tengah diserang. Aku adalah pembela semua yang haknya sedang diserang. Tidak ada satupun dari kita yang bebas, sampai semuanya bebas,” kata Billy dalam wawancaranya bersama Hollywood Reporter

Protes ini disampaikan setelah kebijakan pelarangan aborsi di negara bagian Alabama, Amerika Serikat diresmikan. Bukan hanya Billy, kebijakan ini juga mendulang protes warga AS serta para aktivis hak perempuan. 

“Aku ingin memastikan mendukung mereka yang haknya diserang, sehingga kita punya kekuatan saat kita bersatu. Pemerintah mencoba merebut hak perempuan untuk bebas memilih. Ini tidak bisa diterima. Tidak!” tambahnya.

3. Serba putih di AMA 2019

gaya-billy-porter-di-american-music-awards-2019
Foto: Getty Images/Vogue

Tidak berlebihan rasanya, jika Billy Porter disebut sebagai raja red carpet. Bagaimana tidak? Aktor yang satu ini selalu memberikan efek dramatik nan unik di setiap penampilannya.

Baca juga: Layaknya Raja Mesir, Aksi Billy Porter di Met Gala Bikin Speechless

Di ajang American Music Awards 2019, Billy memilih busana karya Thom Browne dengan jaket dan gaun berwarna putih. Ia memadankannya dengan sepatu ujung runcing, topi keluaran Stephen Jones Millinery dan cincin Oscar Heyman.

4. Rok bulu-bulu di Golden Globe Awards 2020

gaun-billy-porter-golden-globes-2020
Foto: Frazer Harrison/Teen Vogue

Di ajang Golden Globe Awards 2020 Billy datang dalam balutan tuxedo putih yang dihiasi dengan rok bulu-bulu dari Alex Vinash. Ia memadankannya dengan sepatu boots dari Jimmy Choo, kalung Tiffany & Co. dan clutch keluaran Emm Kuo.

5. Jumpsuit dan tato kupu-kupu

billy-porter-di-critics-choice-awards
Foto: Steve Granitz/Getty Images/Popsugar

Penampilan Billy Porter kembali mencuri perhatian. Ia hadir dalam balutan strapless jumpsuit hijau keluaran Hogan McLaughlin. Ia memamerkan tato kupu-kupu yang menghiasi kulitnya.

“Billy memiliki niat untuk memeluk kebebasan. Kupu-kupu tersebut jadi tanda dari metamorfosis pribadi. Beberapa ekor kupu-kupu di atas tubuhnya menandakan sederet transformasi dan kelahiran kembali yang dialami seumur hidup Billy,” kata sang penata gaya, Anna Bernabe. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here