Rilis Single Baru, Ifan Ohsi Persembahkan bagi Teman Tuli

lagu-terbaru-ifan-ohsi
Foto: Dok. Nyata

Penyanyi indie, Ifan Ohsi, mengeluarkan single terbarunya Rasakan Dunia. Single tersebut dipersembahkan Ifan untuk kaum difabel, khususnya mereka yang tuli. Lagu itu bercerita tentang bagaimana seorang teman mengenal dunia teman tuli dan mengungkapkan perasaan kekagumannya.

Melalui lagu itu, lfan juga ingin mengajak dunia untuk mengenal dunia teman-teman tuli, termasuk budaya dan cara komunikasi mereka yang menggunakan bahasa isyarat. Di sisi lain, ia berharap teman tuli juga dapat lebih mengenal dunia teman dengar. Sehingga harapan teman tuli yang menginginkan kesetaraan bisa terwujud.

“Saya ingin mengajak teman dengar untuk semakin mengenal tentang dunia teman tuli, termasuk budaya dan cara berkomunikasi mereka menggunakan bahasa isyarat,” kata Ifan Ohsi kepada media di kawasan Kemang, Jakarta Selatan Selasa (28/1).

ifan-ohsi-lagu-terbaru
Ifan Ohsi (kanan) dan Aska (kiri) saat perform lagu Rasakan Dunia. Foto: Dok. Nyata

Baca juga: Teman Dekat Ungkap Alasan Sebenarnya Kepindahan Pangeran Harry

Rasakan Dunia merupakan kolaborasi Ifan bersama Aska, vokalis sekaligus gitaris Rocket Rockers. Lagu itu diciptakan oleh Aska, yang merasa terinspirasi oleh cerlta lfan tentang dunia teman tuli.

Ifan pun bercerita bagaimana bisa merilis single-nya tersebut. Awalnya Archie, sahabat Irfan bercerita tentang teman tuli, dan Archie juga memperkenalkan The Little Hijabi Homeschooling (rumah belajar inklusif bagi anak berkebutuhan khusus menggunakan bahasa isyarat sebagai bahasa pengantarnya).

“Lalu, kita membuat sebuah project bersama dan akhirnya semakin intens dan semakin dekat dengan teman-teman tuli,” cerita lfan.

“Nah, setiap ketemu Aska, saya selalu cerita hal baik dan pengalaman saya menjadi teman dengar dan dunia teman tuli. Di luar ekspektasi, dan tanpa sepengetahuan saya, Aska menciptakan sebuah karya luar biasa tentang dunia teman dengar dan teman tuli berjudul Rasakan Dunia ini,” Ianjut lfan.

Sebagai pencipta lagu,  Aska menceritakan bagaimana teman tuli dapat menikmati lagunya itu. Aska mengatakan, saat mengaransemen lagu tersebut ia memasukkan sentuhan musik yang berbeda dari biasanya. Ia menyuntikkan dinamika nada musik yang naik dan turun ke dalamnya untuk memberi kemudahan bagi teman tuli.

“Kalau teman-teman dengar, di awal lagu itu sebenarnya kayak ada low-low yang agak besar. Itu sebagai penanda aja kalau lagu ini udahan mulai,” kata Aska di tempat yang sama.

lagu-ifan-ohsi
Ifan dan produser Ria HD di tengah acara peluncuran single Rasakan Dunia. Foto: Dok. Nyata

Baca juga: Suami Tergoda Jedun, Sarita Beri Peringatan Keras untuk Para Lelaki

Contoh lain, kata Aska, ia juga menaruh penanda seperti itu saat lagu memasuki bagian refrain. Meski demikian, saat ditanya apakah Aska dan Ifan menjadikan teman tuli sebagai target pasar kiprah musiknya, Aska pun membantahnya.

Aska mengatakan, pembuatan single Rasakan Dunia ini merupakan gerakan hatinya bersama Ifan. Aska berujar, tujuannya dibuat single tersebut untuk membantu teman tuli agar teman dengar bisa mengenalnya lebih jauh.

“Target pasar saya nggak, nggak ada. Target pasar apalah, di balik ini ada promo apa gitu, ini pure aja untuk lebih bisa melebarkan lagi bahasa isyarat (ke teman dengar),” papar Aska.

lfan Ohsi mengawali karier di dunia musik Indonesia lewat sebuah band bernama ALMOST DVa bersama Dani, Oky, Jody dan Adi yang berganti nama menjadi DEVA, kemudian tahun 2015 bersama Nada Noor, Rachman Noor, dan Viki Risky mendirikan band KIAN dan merilis lagu hits alm. Nita Tilana bertajuk Tak Ada Waktu.

Ifan yang berprofesi sebagai PR & Media Relation ini juga aktif mencipta Iagu dan salah satu Iagunya juga menjadi soundtrack DRAMA MUSIKAL SlTI NURBAYA. lfan juga terlibat dalam sebuah project sosial ‘Qur’an Indonesia Project’ yang diinisiasi oleh Archie Wirija, Pasha Chrisye & Narendra Pawaka. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here