Mundur, Ini 6 Konsekuensi yang Diterima Pangeran Harry-Meghan!

0
284
respons-istana-kerajaan-tentang-pangeran-harry-dan-Meghan-markle-keluar-mundur
Foto: Chris Jackson/Getty Images/New York Times

Ratu Elizabeth II akhirnya menyetujui keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle, untuk mundur dari anggota senior Royal Family. Lantas, apa konsekuensi yang diterima Harry dan Meghan setelah tidak lagi menjadi anggota senior Royal Family?

1. Kehilangan Gelar Bangsawan

Karena Ratu Elizabeth sudah menyetujui keputusan Harry dan Meghan, otomatis gelar kebangsawanan mereka pun resmi dicopot!

”The Sussexes tidak akan menggunakan gelar HRH (His and Her Royal Highness atau Yang Mulia, red) mereka, karena sudah tidak lagi menjadi anggota keluarga kerajaan,” demikian pernyataan Istana Buckingham, Minggu (19/1) malam.

Meski begitu, kabar yang beredar menyebutkan, Harry dan Meghan masih diizinkan memertahankan gelar HRH, tapi mereka setuju tidak akan menggunakannya. Selanjutnya, mereka hanya akan disebut sebagai Harry dan Meghan atau Duke dan Duchess of Sussex saja.

2. Kembalikan Uang Renovasi Rp42,5 Miliar

Rumah mewah Pangeran Harry di Frogmore Cottage yang baru direnovasi.

Pangeran Harry dan Meghan harus mengembalikan uang sebesar 2,5 juta poundsterling atau sekitar Rp42,5 miliar, yang digunakan untuk memerbaiki rumah mewah mereka di Frogmore Cottage, pada 2019 lalu.

|Baca juga: Gelar ’Yang Mulia’ Pangeran Harry dan Meghan Resmi Dicopot!

Bila ingin tinggal di rumah itu, Pangeran Harry dan Meghan harus membayar sewa sebesar 360.000 pounsterling (sekitar Rp6,38 miliar). Seperti yang diterapkan kepada Putri Eugenie dan Beatrice yang tinggal di atas tanah kerajaan, padahal dia bukan anggota kerajaan sepenuhnya.

3. Hapus Kata ’Royal’ di Website

Pangeran Harry dan Meghan akan diminta untuk menghapus kata ’Royal’ di website sussexroyal.com mereka.

4. Tidak Menerima Dana Publik

Karena sudah tidak melaksanakan tugas sebagai anggota kerajaan, termasuk di bidang militer, Pangeran Harry dan Meghan tidak akan lagi menerima dana publik.  

|Baca juga: 5 Anggota Royal Family yang Mundur atau Dicopot Gelarnya

5. Kehilangan Peran Militer

Pangeran Harry saat melaksanakan tugasnya di bidang militer

Satu dekade bertugas di Angkatan Darat Inggris, Pangeran Harry akan kehilangan beberapa peran militernya. Termasuk sebagai Kapten Jenderal Marinir Kerajaan, Komandan Udara Kohormatan RAF Honington, dan Komodor Kepala Kapal Kecil dan menyelam, Komando Angkatan Laut Kerajaan. Dia juga tidak lagi menjadi Duta Besar Pemuda Persemakmuran.

6. Kehilangan Lebih Banyak Privasi

Pangeran Harry saat menghindari kejaran paparazi

Salah satu aturan tidak tertulis di Inggris yang menyebut, pers Inggris tidak boleh mengambil atau mempublikasikan foto anggota keluarga kerajaan atau anak-anak mereka secara tidak resmi.

Nah, setelah mundur, Pangeran Harry dan Meghan berarti tidak akan ada lagi aturan yang membatasi foto atau publikasi apa saja yang dianggap patut atau diperbolehkan oleh paparazzi. *bbs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here