Kisah Johny Indo (Alm), Rela Munguti Sampah hingga Tidur Ngemper (1)

kisah-johny-indo
Foto: Instagram/idebergeliya_id

Aktor kawakan Johny Indo akhirnya dimakamkan secara Islam, di TPU Selapajang Jaya, Tangerang, Senin (27/1) siang. Keputusan itu diambil setelah ada kesepakatan antara pihak keluarga istri pertama Stella Tia dan ke dua Dian Kurnia.

Itu dilakukan sesuai dengan pesan mendiang Johny kepada putranya dari istri ke dua, Muhammad Billah. ”Saat itu papa belum sakit. Papa pesan kepada Billah. Karena papa tahu saya orang susah, papa bilang, ’Billah, kalau papa sudah nggak ada umur, bawa ke teman papa yang di Bogor. Itu pemakaman sudah ada yang ngurus di sana’,” beber Billah menirukan pesan sang ayah kepada dirinya.

Foto: DOK. KELUARGA

Baca juga: Aktor Kawakan Johny Indo Berpulang, Terjadi Perdebatan soal Pemakaman

Pemakaman yang dimaksud terletak di daerah Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat. Namun keinginan untuk dimakamkan di lokasi itu tidak kesampaian. TPU Selapajang Jaya, Tangerang, akhirnya dipilih untuk memakamkan jenazah pria yang bernama asli Johanes Hubertus Eijkenboom itu.

Seperti diketahui, Johny Indo meninggal dunia pada Minggu (26/1), sekitar pukul 07.45 WIB. Saat ditemui di rumah duka di kawasan Tangerang, istri ke dua Johny Indo, Dian Kurnia, mengaku kematian suaminya itu tidak mendadak. ”Kan Johny memang sudah sakit,” ujar perempuan berhijab itu.

Dian tak kuasa menahan tangis saat menceritakan kenangan indahnya bersama mendiang Johny Indo. Foto: Reza/Nyata

Diceritakan Dian, semasa hidupnya Johny memang menderita hernia. ”Tapi hernianya sebenarnya nggak masalah. Yang masalah justru di kaki. Kaki Johny sulit buat jalan. Sulit digerakkan. Kalau diangkat rasanya berat,” terang Dian.

”Tapi papa itu orangnya kuat banget, ya Bill. Dia kuat banget jalan ke mana aja. Malah sering jalan dari rumah di Kemayoran hingga Poncol. Dia setiap hari itu jalan,” imbuh Dian seraya melihat Billah yang ada di sampingnya.

Menurut Dian, sebelum tinggal bersama istri pertama, Johny tinggal bersamanya selama bertahun-tahun. Sebagai istri, Dian sering mendampingi Johny ceramah ke mana-mana.

”Tahun 2014 itu lagi ramai-ramainya dia dipanggil (untuk ceramah). Keliling Tasikmalaya, Sumedang, Bandung. Juga di penjara-penjara, seperti di Cianjur,” kenangnya.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, pria yang berganti nama menjadi Umar Billah setelah mualaf itu mengaku blank. Dia mengeluh tidak bisa mengingat materi-materi dakwah yang pernah dipelajari, sehingga terpaksa tidak bisa ceramah lagi.

Mendengar itu, Dian mengira suaminya berbohong atau bercanda. ”Ternyata bener. Dia nggak ingat apa-apa,” ungkap Dian. Perempuan yang pernah menjadi figuran dalam sebuah film itu pun berikhtiar untuk menyembuhkan suaminya. Apalagi ada seseorang dari Metro TV yang menyarankan agar Dian benar-benar memeriksakan kondisi sang suami. ”Takutnya Johny kena Alzheimer,” kata ibu satau anak itu. (bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here