Gelar ’Yang Mulia’ Pangeran Harry dan Meghan Resmi Dicopot!

0
42
gelar-bangsawan-meghan-dan-harry-dicabut
Foto: Net

Keputusan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, mundur dari anggota senior Royal Family, rupanya menguras energi pihak kerajaan. Betapa tidak, mereka harus berpikir keras untuk mengambil langkah selanjutnya.

Keputusan sulit pun harus diambil. Pasangan Pangeran Harry dan Meghan tidak lagi menggunakan gelar kebangsawaan mereka. ”The Sussexes tidak akan menggunakan gelar HRH (His and Her Royal Highness atau Yang Mulia, red) mereka, karena sudah tidak lagi menjadi anggota keluarga kerajaan,” demikian pernyataan Istana Buckingham, Minggu (19/1) sore.

”Sebagaimana disepakati dalam peraturan baru yang berlaku mulai musim semi 2020, keputusan mereka mundur dari anggota keluarga Kerajaan berarti juga mundur dari tugas kerajaan. Termasuk penunjukan militer resmi. Karena itu, mereka tidak akan lagi menerima dana publik untuk tugas kerjaan,” sambung pernyataan tersebut seperti dikutip dari Sky News.

Pangeran Harry dan Meghan dalam sebuah acara bersama Ratu Elizabeth

Meski gelar kerajaan dicabut, Pangeran Harry dan Meghan Markle tetap berhak menyandang Duke dan Duchess of Sussex. Selain itu, Harry juga tetap berada di urutan ke enam pewaris tahta Kerajaan Inggris.

Baca juga: 5 Anggota Royal Family yang Mundur atau Dicopot Gelarnya

MENDUKUNG

Ratu Elizabeth mendukung keputusan Harry dan Meghan untuk hidup mandiri.

Pencopotan gelar bangsawan itu berarti Ratu Elizabeth telah menyetujui keputusan Harry. Ratu Elizabeth sendiri mengaku mendukung sepenuhnya keputusan sang cucu mundur dari anggota Kerajaan.

”Hari ini keluarga saya (Ratu Elizabeth bersama Pangeran Charles, Pangeran Wiliam, dan Pangeran Harry, red) melakukan diskusi penting untuk menentukan masa depan cucu saya dan keluarganya,” ujar Ratu Elizabeth.

”Keluarga saya dan saya, sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda. Meski kami sebenarnya lebih suka mereka tetap menjadi anggota keluarga Kerajaan yang bekerja penuh waktu,” imbuh perempuan 93 tahun itu.

|Baca juga: Nikmati Hidup di Kanada, Meghan Markle Datangkan Guru Yoga dari LA

Dicopotnya Namun, Ratu Elizabeth tetap menghormati dan memahami cucunya yang ingin menjalani kehidupan lebih mandiri sebagai keluarga. ”Tapi bagaimanapun mereka tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga saya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Harry dan Meghan telah menyampaikan keinginan mereka yang tidak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka. Ratu Elizabeth juga telah menyepakati ada periode transisi di mana Sussex akan menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris.

”Saya menyadari tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari pengawasan ketat selama dua tahun terakhir. Karena itu, saya mendukung keinginan mereka untuk hidup mandiri,” tukas Ratu Elizabeth. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here