Mengenal Penyakit Lyme yang Diderita Justin Bieber

0
79
penyakit-lyme-justin-bieber
Foto: CNN

Melalui Instagram-nya Rabu (8/1) lalu, penyanyi asal Kanada Justin Bieber mengaku bahwa dirinya menderita penyakit Lyme. Menurut Bieber, sejauh ini penyakit yang dideritanya itu tidak bisa disembuhkan.

”Beberapa tahun ini menjadi hal yang sulit bagi saya (karena penyakit Lyme dan mono kronis yang dideritanya). Tetapi dengan perawatan yang tepat akan membantu mengobati penyakit yang sejauh ini tidak bisa disembuhkan. Saya akan kembali dan lebih baik dari sebelumn ya,” beber Bieber.

Apa sebenarnya penyakit Lyme atau Lyme disease itu? Simak beberapa fakta berikut ini:

1. Penyebab

Disebabkan oleh bakteri genus Borrelia sp yang dibawa oleh beberapa spesies kutu hitam. Jadi, penyakit Lyme ditularkan ke manusia melalui gigitan kutu. Bakteri jenis Borrelia burgdorferi merupakan penyebab penyakit lyme di Indonesia.

Baca juga: Justin Bieber Ngaku Sakit yang tak Bisa Disembuhkan

2. Penyebaran penyakit

Lebih sering ditemui di daerah yang terdapat kutu, terutama di Inggris, beberapa bagian Eropa, dan Amerika Utara. Di Inggris sekitar 13 persen penduduknya diyakini terinfeksi.

New Forest dan Dataran Tinggi Skotlandia dikenal sebagai hotspot penyakit Lyme. Meski begitu, siapa pun harus berhati-hati ketika berada di rumput panjang.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, di negeri Paman Sam itu ada sekitar 300.000 orang didiagnosis menderita penyakit Lyme setiap tahun.

Baca juga: Justin Bieber Pamer Hasil USG, Hailey Baldwin Sudah Hamil?

3. Penularan

Tidak ditularkan dari manusia ke manusia, dan tidak diturunkan.

4. Gejala

Gejalanya awal (tiga hingga 30 hari setelah gigitan kuku) yang paling menonjol adalah meradang dan merah pada area yang digigit, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, leher kaku, dan kelelahan. Gejalan itu terus berkembang.

Sebagian besar dari penderita akan pulih setelah minum antibiotic. Tapi beberapa orang lainnya gejalanya bisa berlanjut hingga bertahun-tahun. Tidak jelas mengapa hal itu terjadi. Jadi tidak ada pengobatan pasti. *bbs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here