Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Rahasia Kulit Wajah Berkilau

0
5706
dewy-skin
Foto: neweng fashionoir/aubriellamagazinefashion

Banyak yang bertanya-tanya, apa resep rahasia mendapatkan kulit sehat dan bercahaya. Berbagai cara ekstrem bahkan sudah dicoba oleh sebagian orang. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, kuncinya cukup sederhana.

Fokuskanlah untuk melakukan hidrasi saat merawat kulit. Jangan sampai kulit terasa kering. Selain itu, gunakanlah produk-produk makeup seperti pemerah pipi atau highlighter yang berbahan krim.

Masih ada beberapa cara untuk mendapatkan kulit yang berkilau dan cantik. Ingin tahu seperti apa? Yuk intip beberapa resepnya di bawah ini!

1. Utamakan Pakai Skincare di Malam Hari

Jangan pergi tidur sebelum melakukan perawatan rutin di malam hari. Menurut ahli bedah plastik okulofasial, Chaneve Jeanniton, MD, FACS dilansir dari Elle, fokus utama saat malam hari adalah perbaikan kulit.

|Baca juga: Tips Racik 3 Skincare Homemade Super Ampuh Ala Marshanda

Karena itu, sebelum tidur malam adalah oleskan bahan aktif yang terkandung dalam produk perawatan kulit, seperti retinol atau bahan exfoliate kimia seperti asam glikolat. Sebab, saat itulah bahan-bahan tersebut bekerja optimal. Manfaatkan juga krim dan masker sebagai pelembab kulit.

2. Skincare Wajib

Pembersih yang lembut, toner yang menghidrasi dan serum yang mengandung asam hialuronat harus selalu ada dalam daftar skincare rutin. Untuk musim dingin atau penghujan, pilihlah pelembab yang bersifat oklusif, yakni mampu mengunci kelembaban yang sudah ada di dalam kulit serta mampu membuat lapisan di atas permukaan kulit untuk mencegah water loss.

Sedang pada musim panas, pakailah gel yang tidak menyebabkan lengket. Intinya bangunlah hidrasi dengan produk seperti essens, serum dan pelembab. Melakukan exfoliating (pengelupasan) yang cukup akan membantu kulit terlihat segar dan dewy.

3. Pilih Pelembab sesuai Jenis Kulit

Pelembab dan oil yang memiliki komposisi bahan cukup keras, dapat memicu munculnya jerawat. Kulit berjerawat disarankan tidak menggunakan produk berbahan dasar seperti alkohol, heavy oils atau petrolatum.

Selain itu bagi kulit berjerawat, hindari penggunaan minyak kelapa, cocoa butter, dan vitamin E. Pakailah bahan berkomposisi squalane sebagai solusi untuk masalah kulit tersebut.

|Baca juga: 7 Langkah Praktis Lakukan Perawatan Wajah dari Rumah

Pada tanaman, ekstrak squalane bisa didapat dari minyak zaitun, tebu, minyak biji gandum atau minyak biji padi. Tubuh manusia sebenarnya memproduksi squalane secara alami, namun mulai berkurang saat menginjak usia 20an.

4. Andalkan Asam Hyaluronic

Penggabungan serum pagi dan malam berbahan asam hyaluronic, bermanfaat untuk semua jenis kulit. Langkah itu dapat meningkatkan hidrasi sehingga membuat kulit terlihat sehat dan lembab.

Untuk jenis kulit berminyak, memakai pelembab pada kulit mungkin terdengar salah. Namun hidrasi bebas minyak yang terkandung pada asam hialuronat dapat membantu mengurangi produksi sebum dan menyeimbangkan tingkat kelembaban kulit.

|Baca juga: Rahasia Dapatkan Kulit Wajah Glowing Sepanjang Masa

Mulailah dengan mengaplikasikan serum yang mengandung asam hyaluronic. Jika kulit masih terlihat kering, teruskanlah untuk melakukan hidrasi sengan serum. Pilih pelembab sesuai kebutuhan kulit. Aplikasikan di luar T-zone untuk menghindari glowing berlebih.

Mengoleskan serum hyaluronic di atas tulang pipi juga dapat membantu mempertahankan kilau wajah di tempat yang benar.

5. Teknik Makeup

Teknik highlighter masih jadi favorit saat merias wajah saat ini. Tonjolkan tulang pipi dengan krim atau gel yang memberi efek berkilau. Ini membuat wajah terlihat lebih muda dan tirus. Juga 70 persen keindahan wajah perempuan berasal dari pipi, jadi gunakan keuntungan itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here