6 Fakta Reynhard Sinaga, WNI Predator Seks Terbesar di Inggris

fakta-reynhard-sinaga
Foto: Dok. Pri

Nama Reynhard Sinaga tiba-tiba jadi trending topic. Putra seorang pengusaha properti asal Indonesia itu dihukum seumur hidup lantaran melakukan tindak perkosaan di Manchester, Inggris.

Tidak tanggung-tanggung, lebih dari 190 pria diduga jadi korban Reynhard dalam dua tahun aksinya. Tak heran bila aksi pria 36 tahun itu disebut sebagai pemerkosaan terbesar dalam sejarah Inggris. Siapa sebenarnya Reynhard? Berikut ini enam fakta seputar pria yang disapa Rey itu!

1. Seorang mahasiswa

reynhard-selfie-2
Foto: Net

Dari keterangan polisi seperti dilansir dari BBC Indonesia, Rey tiba di Inggris pada Juni 2007 dengan visa pelajar. Ia kuliah S2 Sosiologi di Universitas Manchester dengan tugas akhir bertajuk Sexuality and Everyday Transnationalism in South Asian Gay and Bisexual Men in Manchester.

Ketika ditangkap pada Juni 2017 lalu, Rey berstatus sebagai mahasiwa doktoral (S3) di Universitas Leeds. Rey lulusan S1 Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Indonesia tahun 2006. Ia juga memiliki dua gelar magister dari Universitas Manchester.

2. Dikenal Baik

reynhard-selfie
Foto: Net

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London, Gulfan Alfero menggambarkan sulung dari empat saudara ini sebagai sosok yang baik.

”Reynhard digambarkan (pihak keluarga) sebagai anak yang baik, rajin beribadah, rajin ke gereja,” kata Gulfan kepada BBC News Indonesia.

Baca juga: Syarat yang Diajukan Tamara bila Diminta Kembali ke Dunia Hiburan

Gulfan beberapa kali bertemu Rey di penjara dan curhat dari hati ke hati. Rey mengakui dirinya homoseksual.

”Dia mengakui dirinya gay. Dia telah melakukan hubungan seks dengan kurang lebih 200 orang dalam kasus ini,” ungkapnya.

”Jumlah ini, dalam pengamatan kami hampir klop dengan yang didata polisi berdasarkan bukti rekaman video 193 orang,” imbuhnya.

Menurut salah satu teman kuliah yang tidak mau disebutkan namanya, Reynhard adalah sosok yang supel. Laki-laki yang senang berpenampilan rapi dan bersih itu pun selalu bisa membuat suasan di tengah belajar bersama menjadi lebih ceria.

3. Dari keluarga mapan

reynhard-instagram-from-bbc
Foto: BBC


Rey berasal dari keluarga mapan. Keluarganya tinggal di Depok. Menurut The Guardian, biaya hidup dan kuliah Rey di Inggris ditanggung orangtuanya. Ayah Rey menyewakan apartemen di kawasan strategis, Princess Street, Manchester.

The Guardian juga menyebut ayah Rey bekerja di bank tanpa menyebut dengan jelas jabatannya.

4. Ditangkap Juni 2017

reynhard-apartemen-2
Apartemen Reynhard. Foto: CNN

Pada 2 Juni 2017 jadi momen sial bagi Rey. Kejahatannya terungkap setelah seorang korbannya tersadar tengah diperkosa Rey. Dilansir dari Daily Mail, korban tersebut adalah seorang pemain rugby berusia 18 tahun.

Saat tersadar, si korban menyadari dirinya berada di lantai kamar mandi dengan kondisi tengkurap dan merasakan ada beban di bagian belakang pahanya. Dia akhirnya sadar sedang berada di apartemen orang asing, dan mengalami pemerkosaan.

Noda-darah-Reynhard-Sinaga-di-pintu-kamar-mandi.
Ada noda darah di apartemen Reynhard. Foto: BBC

Dia juga menyadari si pria yang ada di atasnya adalah Rey, orang asing yang mencoba membantunya mencari temannya yang hilang di sekitar klub malam, The Factory.

Remaja itu mencoba melawan. Namun Rey justru berteriak minta tolong, seakan-akan tengah menjadi korban penyerangan. Keduanya terlibat perkelahian, hingga sang korban berhasil membuat Rey tak sadarkan diri.

Reynhard-apartemen
Foto: Telegraph

Baca juga: Makin Menggemaskan, Kiano Tiger Wong Warisi Sifat Jahil Papanya

Remaja itu lantas kabur dengan membawa iPhone 4 milik Rey dan menelpon pihak kepolisian. Beberapa menit kemudian, pihak kepolisian datang dan menemukan Rey tak sadarkan diri.

Mereka langsung melarikan Rey ke rumah sakit dan menangkap si remaja atas dugaan kekerasan. Untungnya si remaja memberikan iPhone 4 tersebut kepada polisi. Dari sanalah semua bukti terungkap.

Tepat pada 3 Juni 2017 pukul 03.52 sore waktu setempat, Rey ditangkap atas dugaan pemerkosaan kepada seorang remaja. Dia diborgol di ranjang rumah sakit dan dijaga polisi.

5. Merekam aksinya

bukti di reynhard-apartemen
Reynhard diduga mencampur obat bius kepada minuman korban. Foto: CNN

Bukan hanya melakukan tindak pemerkosaan, Rey juga merekam dirinya saat melakukan aksinya dengan dua handphone. Satu dari jarak dekat, satu lagi dari jarak jauh.

Kepala unit kejahatan khusus Kepolisian Manchester Raya, Mabs Hussain menyebutkan, bukti video dari dua ponsel tersebut seperti menyaksikan 1500 film DVD.

Dalam video-video tersebut ada sejumlah korban yang diperkosanya hingga berkali-kali. Hingga saat ini, ada total 159 dakwaan atas 48 korban pria. Dari jumlah tersebut 45 di antaranya adalah heteroseksual.

6. Tidak menyesal

reynhard Selfie
Foto: Net

Sudah ada empat sidang terpisah sejak Juni 2018 hingga Desember 2019. Dalam siding yang dipimpin oleh Suzanne Goddard tersebut, sang hakim menyebut Rey sebagai ’predator seksual setan’ yang tidak pernah menampakkan penyesalan sama sekali.

Bahkan Rey selalu mengatakan kalau hubungan seksual yang dilakukannya dengan para korban selalu didasari perasaan suka sama suka.

“Saya telah membaca dua referensi dari ibu dan adik perempuan Anda. Mereka tak tahu bahwa Anda adalah pemerkosa berdarah dingin, licik dan penuh perhitungan,” kata hakim dalam putusan sidang kedua, Juni 2019.

reynhard-in-CCTV-footage-released-by-police.
Foto: CNN

Baca juga: Atiqah Hasiholan ‘Tampar’ Si Tukang Body Shaming

Tak hanya itu, koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London, Gulfan Alfero yang beberapa kali menemuinya juga mengatakan kalau Rey tidak terlihat tertekan sama sekali saat di penjara.

”Saya tiga kali bertemu (di penjara), Reynhard tak terlihat dalam kondisi stres. Dia happy, sehat, tenang, dia tahu kasus yang dihadapi. Dia tidak menyampaikan penyesalan karena dia menyatakan tidak bersalah dan tidak merasa terbebani atas kasusnya. Dia terlihat biasa biasa saja,” tutur Gulfan. (*/bbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here