Kali Pertama, RCTI-Billboard Gelar Penghargaan Musik Kelas Dunia

billboard-indonesia
Foto: Istimewa

Untuk kali pertama di Asia dan Indonesia, sebuah penghargaan musik kelas dunia dihelat oleh RCTI. Bekerja sama dengan Billboard Indonesia, RCTI mempersembahkan Billboard Music Awards 2020.

Dikatakan CEO RCTI Kanti Mirdarti, Billboard Music Awards 2020 merupakan bentuk apresiasi kepada musisi Indonesia yang selama ini telah berkarya, menciptakan lirik dan lagu yang menginspirasi banyak orang, hingga masuk dalam Billboard Indonesia TOP 100.

”Tangga lagu popular Billboard bisa menjadi barometer bagi para musisi atas kesuksesan karya mereka,” ujar Kanti. ”Semoga dengan hadirnya Billboard Indonesia Music Awards ini dapat membangkitkan semangat dan kreativitas para insan musik di Tanah Air,” imbuhnya.

nino-ran
Foto: Istimewa

Baca juga: Ups! Andhika Pratama Pertanyakan Hasil Tes Kehamilan Ussy

Harapan yang sama juga diungkapkan oleh Editor in Chief Billboard Indonesia Adib Hidayat. ”Dengan adanya Billboard Indonesia Music Awards 2020 ini makin membuat musik Indonesia sehat dan tampil dengan beragam warna,” harapnya.

Malam perhelatan perdana Billboard Indonesia Music Awards 2020 sendiri akan disiarkan langsung oleh RCTI pada 26 Februari 2020 nanti. Pada malam itu akan diumumkan para musisi yang masuk nominasi.

Menurut Kanti, ada 13 katagori nominasi yang dikeluarkan, kecuali Lifetime Achievement Category. Mereka yang masuk nominasi diperoleh dari penghitungan berbagai sumber data.

billboard-RCTI
Foto: Istimewa

Di antaranya Music Streaming Platform, Video Streaming Platform, Radio, Karaoke, Social Media Engagement (Twitter, Instagram, Facebook) untuk Top Social Artist Awards). Selama periode Februari-Desember 2019.

Kemudian dilakukan proses vote selama periode 20 Jan – 20 Feb 2020 (pukul 00.00 WIB) dari platform Instagram (offical RCTI), Facebook (fan page RCTI) dan aplikasi RCTI+ untuk menentukan pemenang Billboard Indonesia Music Awards 2020.

Perhitungan hasil vote di platform sosial media dilakukan oleh lembaga independen Provetic. Data hasil penghitungan vote di semua platform dilakukan proses verifikasi oleh auditor independen untuk lebih menjaga independensi awarding ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here